Detail Rangkaian Event HUT ke-266 Kota Yogyakarta 1-9 Oktober 2022

  • Whatsapp
foto wayang jogja night carnival
Salah satu atraksi dalam event Wayang Jogja Night Carnival. (Foto: detik)

BacaJogja – Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta mengusung tema ‘Sulih Luwih Pulih’ yang digelar 1-9 Oktober 2022. Tema ‘Sulih Luwih Pulih’ diusung menggambarkan kondisi Kota Yogyakarta yang bisa memulihkan diri sendiri dan bangkit pasca pandemi Covid-19.

Warga Kota Yogyakarta pantas berbahagia. Dan perayaan HUT tahun ini bakal digelar meriah selama lebih dari satu pekan. Untuk lebih detailnya, berikut rangkaian event HUT ke-266 Kota Yogyakarta:

Read More

Peluncuran Logo HUT ke-266 Kota Yogyakarta
Rangkaian event diawali peluncuran logo HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada 1 Oktober 2022 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta bersamaan dengan kegiatan Pesona Budaya Nusantara. Seremonial peluncuran logo juga akan disiarkan secara langsung di kanal Youtube YKTV milik Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Baca Juga: Daftar Lengkap Event Unggulan di Yogyakarta Oktober 2022

YoGowes
Digelar pada 2 Oktober 2022 dengan jumlah peserta 2.000 hingga 2.500 orang dan dimeriahkan dengan senam massal akan diikuti 700-800 peserta. Rute yang akan ditempuh peserta Yogowes nantinya sejauh 10 hingga 12 kilometer. Dimulai dari start kawasan Balai Kota Yogyakarta dan menjelajahi beberapa landmark di Kota Yogya seperti Tugu Pal Putih, alun-alun utara, dan kembali lagi ke Balaikota Yogya.

Yogowes ini nantinya terdiri dari senam massal, gowes, pengundian doorprize, penampilan talent oleh siswa SD dan SMP Kota Jogja dan penampilan band minor 26 band.

Baca Juga: Filosofi Logo dan Makna Tema HUT ke-266 Kota Yogyakarta

Gelar Karnaval Pelajar
Digelar 3-6 Oktober 2022. Jumlah peserta terdiri dari siswa TK dengan 11.100 siswa, SD dengan 42.800 siswa, dan SMP dengan 23.900 siswa jadi total terdapat 77.800 peserta. Acara ini nantinya peserta memakai pakaian adat nusantara atau profesi dengan rute yang ditentukan oleh kemantren masing-masing.

Sekar Rinonce, Malioboro Seribu Kelir, dan Ruang Masyarakat Ketemu
Pelaksanaan agenda kebudayaan ini digelar 4-5 Oktober 2022.
Sekar Rinonce digelar 4 Oktober di tiga titik kawasan Malioboro, yaitu di depan Teras Malioboro 2, depan Kepatihan, dan Pasar Beringharjo. Ketiga titik akan dijadikan sebagai panggung yang menyatu dengan pengunjung untuk membangkitkan memori kolektif bagaimana seni budaya berkembang di kawasan Malioboro.

Baca Juga: Daftar 14 Event Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, Lengkap!

Malioboro Seribu Kelir yang diawali dengan flash mob 100 dalang cilik, disusul dengan lomba fotografi wayang, serta kolaborasi lima jenis wayang dalam satu pagelaran atau kelir dengan media baru, seperti wayang sinema dan seni yang dikolaborasi dengan teknologi,” pungkasnya.

Ruang Masyarakat Ketemu (Rumangket) merupakan ajang para desainer di Kota Yogyakarta menampilkan karya busana yang inspirasinya berasal dari tokoh pewayangan, kemudian diperagakan oleh dalang cilik.
Pada acara ini juga ada penampilan band asal Yogyakarta, Letto. Semua seniman yang terlibat berasal dari berbagai sanggar seni dan seniman Malioboro.

Baca Juga: Wayang Jogja Night Carnival Kembali Hadir di Tugu Yogyakarta

Sekati Ing Mall
Berlangsung pada 5 sampai 10 Oktober 2022. Ada 80 Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Yogyakarta promosi di mal. Rinciannya 40 IKM di Malioboro Mal, 30 IKM di Galeria Mal, dan 10 IKM khusus kuliner di Lippo Plaza. Mereka merupakan pelaku industri kerajinan, fesyen, dan kuliner yang tersebar di 14 Kemantren.

Sekati Ing Mal juga akan dilengkapi dengan talkshow soal dunia usaha, penghargaan untuk IKM terbaik selama kegiatan, peragaan busana batik karya para desainer Kota Yogyakarta, hingga fashion show on the street di depan Malioboro Mal pada 6 dan 9 Oktober.

Baca Juga: Ngaran Kite Festival 2022, Peduli Lingkungan dengan Layangan di Sleman

Pada 6 Oktober 2022 juga dilakukan peluncuran Mall Pelayanan Publik di Balai Kota Yogyakarta. Sedangkan di XT Square digelar Gebyar Pameran Foto dan Keris pada 6-9 Oktober 2022.

Wayang Jogja Night Carnival
Wayang Jogja Night Carnival (WJNC 2022) merupakan puncak perayaan HUT ke-266 yang digelar di kawasan Tugu Yogyakarta. Pada gelaran WJNC 2022 mengangkat tema wayang “Lokananta Arjuna Anugraha”. Nantinya 14 kemantren akan memeriahkan kegiatan ini dengan tema-tema penokohan sesuai tema seperti Bathara Guru, Bathara Durga, Arjuna dan Bathara Gana/Ganesha, Bathara Supraba dan masih banyak penokohan lainnya.

Baca Juga: Pesta Boneka 2022 dari 18 Negara di Kampoeng Media Sleman Yogyakarta

Mandiri Fashion Day di Pasar Beringharjo
Digelar pada 8 Oktober 2022 berupa peragaan busana batik karya para desainer Kota Yogyakarta

Malioboro Night Coffee
Event ini dipusatkan di Jalan Jenderal Sudirman selama dua hari, 8-9 Oktober 2022 kemudian malam harinya dilakukan Malam Apresiasi HUT ke-266 di Balai Kota Yogyakarta. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *