Pesan Peduli Lingkungan dalam Event Ngaran Kite Festival 2022 di Sleman

  • Whatsapp
Nasi wiwitan
Nasi wiwitan terdiri nasi, urap kelapa ikan asin dan telur rebus sebagai makanan selamat datang bagi pengunjung Ngaran Kite 2022. (Foto: Fajar Septi Wulandari)

BacaJogja – Ada yang berbeda dengan suasana di Dusun Ngaran, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada sore hari, Sabtu, 1 Oktober 2022. Terlihat warga sedang berkumpul dan bercengkerama usai kesibukan di pagi hari.

Setelah serangkaian kegiatan penyuluhan di pagi hari, mereka tampak bersemangat dalam acara berajuk Ngaran Kite 2022. Event ini digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 1-2 oktober 2022.

Read More

Baca Juga: Ngaran Kite Festival 2022, Peduli Lingkungan dengan Layangan di Sleman

Event ini sebagai wujud kepedulian tentang bahaya sampah plastik. Salah satunya dibuktinya dalam acara Ngaran Festival ini yakni para pelaku UMKM ini mengganti pembungkus makanan dengan daun pisang.

Keramahan dan gotong royong warga Ngaran sangat tinggi. Setiap tamu atau pengunjung yang datang diberi nasi wiwitan. Tradisi wiwitan dalam festival layang ini untuk Dewi Sri ini dengan harapan supaya khususnya warga Ngaran diberikan kemudahan dan kemakmuran oleh Sang Pencipta alam semesta.

Baca Juga: Enam Event di Jogja Akhir Pekan Ini Selain Konser Westlife

Acara ini melibatkan masyarakat dalam festival sebagai bentuk sinergitas maju dan tumbuh bersama lebih baik. Semangat kebersamaan terlihat jelas dalam hajatan ini. Selain kemegahan layang-layang sebagai bentuk kreativitas, namun juga tetap memperhatikan isu sosial khusus nya mengenai sampah plastik.

Kepedulian terhadap lingkungan yang dikemas dalam fetival layangan seperti ini lebih bisa diterima dari pada hanya dengan sosialisasi atau penyuluhan dalam acara formal. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *