Ular Piton Masuk Rumah di Bantul dan Tips Mencegahnya

  • Whatsapp
evakuasi ular
Bhabinkamtibmas bersama relawan FPRB mengevakuasi ular piton masuk rumah di Sedayu Bantul Yogyakarta. (Foto: Dok. Polsek Sedayu)

BacaJogja – Seekor ular piton (Pythonidae) memmasuki rumah warga di Dusun Gunung Polo, Kalurahan Argorejo, Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul, Minggu pada 13 November 2022 dini hari. Ular tersebut diduga akan memangsa ayam yang berada di kandang pemilik rumah.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo Aiptu Murgiyadi S.I.Kom mengatakan, berdasarkan keterangan pemilik rumah,sebelumnya ada suara berisik di kandang ayam miliknya.

Read More

Selamat Muswil MES

Baca Juga: Pria di Kulon Progo Meninggal Digigit Ular Kobra Peliharaan Sendiri

“Setelah dicek ternyata ada seekor ular yang berukuran lumayan besar. Warga kemudian melaporkan hal itu ke Bhabinkamtibmas Kalurahan Argorejo,” katanya.

Dari laporan itu Bhabinkamtibmas Aiptu Murgiyadi bersama relawan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) datang ke lokasi di mana ular sanca itu berada.

Baca Juga: Damkar Kota Yogyakarta Evakuasi Ular Piton Cantik

Petugas berhasil mengevakuasi seekor ular sepanjang 2,5 meter. “Alhamdulillah, ular piton dengan panjang sekitar 2,5 meter ini berhasil kita evkauasi,” tuturnya.

Setelah dilakukan evakuasi, ular tersebut kemudian dibawa ke Posko FPRB Kalurahan Argorejo.

Tips Mencegah Ular Masuk Rumah

Sementara itu, memasuki musim penghujan, ular memang rawan masuk rumah. Saat hujan, biasanya terjadi banjir, hal itu akan membuat ular mencari tempat berlindung.

Tempat yang seringkali menjadi perlindungan ular adalah halaman rumah bahkan bisa sampai masuk ke dalam rumah. Ada beberapa tips agar ular tidak masuk pekarangan rumah, seperti dikutip dari cnbcindonesia, yakni:

1. Minimalisir Lubang, Ruang Lembab dan Gelap di Rumah
Ular sangat menyukai tempat yang gelap, berlubang dan lembab. Cek dan periksa kembali lubang-lubang yang ada di rumah seperti saluran air dan pipa pembuangan. Tutup dengan aman agar tidak menjadi tempat persembunyian ular. Jika menemukan lubang tanah segera tutup karena lubang tersebut bisa menjadi sarang ular.

Baca Juga: Enam Ekor Ular Sanca Kembang Dilepasliarkan di Suaka Margasatwa Sermo Kulon Progo

2. Singkirkan Sarang Tikus dan Burung
Ular merupakan hewan predator yang menyukai tikus, kayak dan burung. Sebagai salah satu cara mengusir ular, Anda harus menyingkirkan hewan-hewan tersebut.

Rajin membersihkan rumah agar tidak ada tikus yang bersarang. Jangan membuang sampah makanan dengan sembarangan karena bisa mengundang tikus datang. Jika Anda memelihara burung, simpan pada tempat yang tinggi dan aman agar tidak memancing ular masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: Penampakan Hiu Tutul 8 Meter Mati Terdampar di Congot Kulon Progo

3. Gunakan Aroma-Aroma Menyengat
Ular sangat tidak menyukai aroma menyengat seperti cuka dan cabai. Anda bisa menyemprotkan cairan cuka pada area yang sekiranya disukai ular. Cara ini cukup efektif saat musim hujan tiba. Opsi lain yang bisa digunakan sebagai aroma-aroma menyengat adalah jeruk dan cabai.

Selain itu, Anda bisa menggunakan bubuk belerang untuk mengusir ular. Belerang akan membuat kulit ular iritasi sehingga pastinya ular akan menjauh dari rumah.

Baca Juga: Polresta dan BKSDA Yogyakarta Tangkap Penjual Satwa Eksotis yang Dilindungi

4. Semprot Parfum, Kayu Manis atau Minyak Cengkeh

Selain dengan aroma menyengat seperti cuka, langkah yang bisa dilakukan dengan menyemprotkan pewangi ruangan atau parfum di tempat rawan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah.

5. Memelihara Rakun atau Kucing
Rakun adalah hewan predator alami yang memakan ular. Jika sulit bagi Anda untuk menemukan rakun, kucing bisa menjadi pilihan alternatif.

Namun kucing tidak bisa menjadi cara mengusir ular yang efektif. Karena kucing tidak bisa memakan jenis ular yang berukuran besar dan berbisa. []

Related posts