Lima Tips Produk Anda Laris Manis dan Mendunia

  • Whatsapp
ilustrasi jual beli online
ilustrasi jual beli online. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Produk lokal bisa laris manis dan mendunia harapan semua produsen. Tentu ada tips dan cara untuk mewujudkan hal itu.

Dalam sosialisasi Pelatihan UKM Berbasis Digital oleh Dinas Kominfo DIY, pada Senin, 14 Novemebr 2022, Ressy Chandra Puspita selaku pemilik babyshoponline berbagi cara membuat konsep dan Instagram marketing yang menarik.

Read More

Baca Juga: Mengenal QurbanQita, Marketplace yang Memudahkan Ibadah Kurban dengan Aman

Produsen Zatra ini juga berbagi dalam praktik cara membuat linktree untuk menunjang para pelaku UKM dalam menjalankan usahanya. Dalam materi yang disampaikan, dia membagikan beberapa tips agar menjadi penjual yang baik dan produk yang dijual laku dengan laris manis.

Berikut lima tips yang bisa dilakukan:
1. Pilih market place lokal ternama dan terpercaya
2. Buat toko online di banyak marketplace
3. Pelajari sistem dari setiap marketplace
4. Tanggapi konsumen dengan ramah dan memberi respon yang cepat
5. Perhatikan judul, foto produk, deskripsi dan ajak pembeli untuk memberikan ulasan.

Baca Juga: Belanja Online Picu Inflasi di Kota Yogyakarta, Ini Faktanya

Pada kesempatan yang sama, Bima Aditya selaku fotografer dan videografer mendemonstrasikan cara memotret, serta mengedit foto produk agar terlihat menarik ketika dipublikasikan di media sosial sehingga mampu menarik perhatian pembeli.

Dalam melakukan pemotreran serta pengeditan foto produk pun memanfaatkan alat sederhana di lingkungan sekitar, salah satunya dengan smartphone.

Baca Juga: Dorong Industri UMKM Pangan Halal, Danone Indonesia Gelar Edukasi Halal

Bima menyampaikan terdapat 3 syarat pemotretan dalam UKM yaitu cepat, praktis dan menghasilkan uang. Selain itu diperlukan 4 alat sederhana untuk memotret serta mengedit foto yang meliputi smartphone, alas foto (studio box/kertas asturo), aplikasi editing, aplikasi design.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Riris Puspita Wijaya Kridaningrat mengharapkan diadakannya sosialisasi pelatihan UKM dapat memberi bekal atau edukasi untuk para pelaku UKM, agar mampu beradaptasi di era pandemi yang serba digital.

Baca Juga: DOKU Dukung Pembayaran Digital Warga dan UMKM Purworejo Melalui Aplikasi Larisi

Anggota DPRD DIY Yuni Satia Rahayu menyampaikan, UKM mendapatkan perhatian khusus dari DPRD DIY karena di wilayah DIY terdapat banyak pelaku UKM.

Sebagai bentuk dukungan, Pemda DIY melalui Dinas Koperasi dan UMKM DIY meyediakan sebuah website yaitu SiBakulJogja yang merupakan platform komplit bagi para UKM. Beliau berharap dengan adanya website ini dapat memudahkan para pelaku UKM dalam menjalani usahanya. (Kominfo DIY)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *