Daebak Fest, Suasana UPN Veteran Yogyakarta Serasa di Korea

  • Whatsapp
Daebak Fest
Proses memasak kimbap dalam kegiatan cooking demo yang diisi oleh Cavella. (Foto: Dhea Nikmaturrizki)

BacaJogja – Daebak Fest, event festival makanan Korea yang digelar oleh mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta. Selain menyediakan beberapa makanan khas Korea, acara ini juga menampilkan K-Pop dance, Samyang Challenge, Culture Stand, serta cooking demo atau demo memasak.

Event ini digelar Kamis, 24 November 2022 bertempat di Lapangan Basket UPN Veteran Yogyakarta Kampus 2, Babarsari.Daebak Fest diselenggarakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Humas Internasional yang diampu oleh Mochammad Fauzul Haq.

Read More

Baca Juga: Kompetisi Esport Mobile Legend dan KPOP Dance di Sleman City Hall

Panitia penyelenggara Daebak Fest berusaha untuk membuat suasana acara ini seperti di Korea. Berbagai ornamen seperti bendera Korea dan gambar makanan khas Korea turut menghiasi meja dan tenda. Sepanjang acara pun juga diputarkan lagu Korea. Agar menambah kesan Korea, Master of Ceremony (MC) ikut dikenakan pakaian tradisional masyarakat Korea atau yang biasa disebut Hanbok.

Fauzul meminta mahasiswanya untuk memilih satu negara yang nantinya mereka akan ditugaskan seolah-olah menjadi Public Relations dari negara tersebut dan memperkenalkan budaya tersebut kepada publiknya. “Kemendikbudristek mengarahkan kami, para dosen, untuk menggunakan skema OBE (Outcome-Based Education) dalam setiap mata kuliah harus berbasis studi kasus atau project,” katanya.

“Saya rasa, mata kuliah Humas Internasional lebih cocok kalau berbasis project. Sehingga mahasiswa bisa belajar secara langsung bagaimana cara menjadi seorang praktisi Public Relations internasional,” jelas Fauzul.

Daebak Fest UPN
Peserta Samyang challenge yang tengah berlomba menyantap Samyang. (Foto: Dhea Nikmaturrizki)

Dengan adanya mata kuliah ini, Fauzul berharap mahasiswanya bisa terbiasa untuk membuat sebuah project sebagai bekal untuk terjun di dunia kerja. Yahya Wijaya Pane, selaku Project Manager dari Daebak Fest juga berkata, “Event-nya seru. Ini pertama kali aku jadi Project Manager, banyak suka duka yang udah aku lalui. Tapi menurutku acaranya sukses. Terima kasih buat teman-teman panitia yang sudah ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Beberapa stand makanan ikut memeriahkan acara Daebak Fest, seperti Yuki Tako, Sweetylicious, dan Kimbap Hap. Ketiga stand tersebut menyediakan jajanan khas negeri ginseng, seperti bungeoppang, kimbap, odeng, jjampong, hotteok, dan masih banyak lagi. Event Daebak Fest tidak hanya menyajikan festival kuliner saja.

Baca Juga: Malam Kemeriahan Humas Born Day 2022 UPN Veteran Yogyakarta

Namun, juga terdapat penampilan dance Korea. Para penari tersebut juga merupakan mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta dari UKM Seni Subunit Tari. Kemudian, juga terdapat lomba yang bisa diikuti oleh semua pengunjung. Selain itu, Culture Stand juga ikut memeriahkan acara ini.

Pada stand tersebut, menyajikan informasi-informasi kebudayaan dari negara Korea agar para pengunjung bisa mengetahui kebudayaan-kebudayaan Korea. Daebak Fest juga mengadakan Samyang Challenge. Peserta yang dapat menghabiskan Samyang terlebih dahulu, dinyatakan sebagai pemenang.

Salah satu peserta yang berhasil meraih juara 2 di Samyang Challenge adalah Putri. Putri mengaku sangat tertarik untuk mengikuti lomba itu. “Saya suka makan makanan pedas dan merasa tertantang untuk mengikuti challenge ini,” katanya.

Baca Juga: FISIP UPN Veteran Yogyakarta Gelar Seminar Nasional Bebas Kekerasan Seksual

Setelah Samyang challenge, diadakan kegiatan demo memasak yang diisi oleh Cavella, seorang mahasiswi Akademi Pariwisata NHI (National Hotel Institute) Bandung. Tema cooking demo kali ini adalah “Masakan Simpel Untuk Anak Kos”. Cavella memasak salah satu makanan khas Korea, yakni kimbap. “Acaranya menarik banget. Kebetulan aku juga suka Korea, jadi waktu ada tawaran buat jadi pengisi acara, aku langsung terima,” jelas Cavella.

Pengunjung memadati area depan panggung untuk bisa melihat dengan jelas ketika Cavella memasak. Salah satu pengunjung yang merasa puas dengan adanya Daebak Fest adalah Reina, mahasiswi Program Studi Hubungan Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta. “Daebak Fest keren banget. Selama aku kuliah offline, baru kali ini ada acara ke-Korea-an. Terus sekarang kan banyak yang suka K-Pop, jadi menurutku acara ini banyak yang suka,” tutur Reina. []

Artikel dikirim oleh Dhea Nikmaturrizki, mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat di UPN Veteran Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *