Sempat Vakum 2 Tahun, Sekretariat DPRD DIY Punya Perpustakaan Representatif

  • Whatsapp
launching perpustakaan
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto dan Sekretaris DPRD DIY Haryanto saat launching Perpustaaan Sekretariat DPRD DIY. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Perpustakaan Sekretariat DPRD DIY sudah kurang lebih dua tahun vakum karena tidak memiliki tempat yang representatif. Pada APBD Perubahan 2022, dianggarkan pembangunan ruangan baru.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan, perpustakaan diperlukan dalam rangka melestarikan khasanah budaya bangsa sebagai upaya mewujudkan keberaksaraan, budaya baca, dan meningkatkan kecerdasan masyarakat. Perpustakaan Sekretariat DPRD DIY diharapkan menjadi pendorong meningkatkan kesadaran kita agar semakin bersemangat meningkatkan referensi serta minat baca.

Read More

Baca Juga: Profil Mahasiswi Cantik UNY Juara 2 Duta Arsip Yogyakarta

“Sehingga dapat berimplikasi terhadap perbaikan kualitas SDM dan kinerja yang dihasilkan,” katanya dalam sambutan launching perpustakaan di DPRD DIY, Selasa, 28 Februari 2023.

Menurut dia, sebagai lembaga yang mengemban ketugasan memfasilitasi kinerja dan hasil keraj DPRD DIY, seluruh personel Sekretariat DPRD DIY diharapkan dapat memanfaatkan keberadaan Perpustakaan ini dengan maksimal sehingga misi Perpustakaan berupa penyediaan layanan data dan Informasi yang cepat, tepat, akurat kepada anggota DPRD DIY beserta pendukungnya dapat terwujud dengan baik.

Baca Juga: Komisi A DPRD DIY Usul Pemda Bangun Museum dan Perpustakaan Bung Karno

Dia mengatakan, belajar dari penyelenggaraan perpustakaan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa Barat, Perpustakaan juga memiliki peran rekreasi dan menjadi destinasi wisata.

Meski meniru hal itu nampak masih jauh, setidaknya pengelola serta pengampu Perpustakaan Sekretariat DPRD DIY diharapkan mampu konsisten dan berkesinambungan menciptakan ide gagasan baru dalam tata kelola serta manajerial. “Kami optimis dengan potensi SDM yang ada Perpustakaan Sekretariat DPRD DIY akan semakin berkembang dan maju di masa yang akan datang,” katanya.

Baca Juga: Monumen Penjara Banceuy Bandung, Tempat Soekarno Dipenjara dan Menulis Buku Indonesia Menggugat

Menurut dia, Kondisi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata, kota budaya dan kota pendidikan merupakan peluang sekaligus tantangan bagi semua di lingkungan Sekretariat DPRD DIY untuk terus mengembangan Perpustakaan Sekretariat DPRD ini.

Sekretariat DPRD DIY pun terus berbenah setelah terbangun bangunan baru, seluruh pihak mulai dari tim cleaning service, petugas perpustakaan serta jajaran pengampu di Bagian Pembentukan Produk Hukum dan Pengkajian saling bahu membahu menata koleksi, rak buku, meja kursi serta mendesain penataan ruangan.

Baca Juga: Seribuan Siswa dan Guru SMPN 1 Bantul Pamer Pantun di Bulan Bahasa

Sekretaris DPRD DIY Haryanto mengatakan, untuk memaksimalkan upaya ini telah pula dilakukan konsultasi dengan DPAD DIY, serta kerja sama kemitraan bersama kelompok PKL Mahasiswa Prodi Perpustakan Universitas Islam Negeri Yogyakarta. “Koleksi Perpusatakaan Sekretariat DPRD DIY memiliki total jumlah judul 4.877 dan total jumlah eksemplar 7.348,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *