Tiga Nama Calon Sekda DIY Pengganti Kadarmanta Baskara Aji

  • Whatsapp
sultan lantik pj sekda
Sri Sultan HB X melantik Wiyos Santoso sebagai Pj Sekda DIY menggantikan Kadarmanta Baskara Aji di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu, 8 Maret 2023. (Foto: Pemda DIY)

BacaJogja – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset DIY Wiyos Santoso ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Sekda DIY menggantikan Kadarmanta Baskara Aji yang memasuki masa pensiun. Gubernur DIY Sri Sultan HB X melantik Wiyos Santoso di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu, 8 Maret 2023.

Pj Sekda sesuai aturan memiliki hak menduduki kursi Sekda hingga Sekda definitif ditentukan atau maksimal bisa menjabat selama maksimal 3 bulan. Aturan ini menurut Sri Sultan tertuang pada Peraturan Presiden RI No. 3 tahun 2018.

Read More

Baca Juga: UMP DIY 2023 Rp1,9 Juta, UMK Kabupaten-Kota Dipastikan Lebih Tinggi

Jabatan Wiyos Santoso hanya berlangsung selama masa transisi menunggu ada Sekda definitif. Lantas kapan DIY memiliki Sekda definitif?

Sri Sultan belum berkomentar banyak mengenai Sekda definitif ini. Saat ini masih harus menunggu pemerintah pusat untuk mengeluarkan surat keputusan. “Saya belum bisa mengatakan itu kapan, menunggu dari pemerintah pusat. Karena yang menentukan Sekdanya kan Eselon 1, SK-nya Presiden,” katanya.

Baca Juga: Pemda DIY Butuh 547 Formasi Tenaga Guru, Ini Syarat dan Jadwal Seleksi

Raja Keraton Yogyakarta ini berharap Pemda DIY segera memiliki Sekda defintif meski Pj Sekda juga memiliki wewenang sama seperti Sekda definitif. “Jadi masih menunggu. Kalau saya (inginnya) secepat mungkin tapi kan saya tidak bisa memastikan. Itu tergantung rapat TPA dan SK Presiden,” tutur Sri Sultan.

Wiyos Santoso usai dilantik sebagai Pj Sekda DIY membocorkan tiga nama calon Sekda definistif. “Ada tiga nama yang lolos pada tiga besar calon Sekda dan sudah diusulkan ke pusat untuk diikutkan pada penilaian Tim Penilaian Akhir,” ungkapnya.

Baca Juga: Janji Manajemen Baru Malioboro Mall dan Ibis Hotel, Jadi Pusat Hiburan Keluarga

Dia berharap pemerintah pusat segera memberikan pengumuman siapa yang akan menjabat sebagai Sekda definitif DIY. “Jabatan Pj ini kan 3 bulan maksimal ya. Kita harapkan nanti sebulan juga bisa turun pengumumannya, atau kadang 3 minggu juga sudah bisa turun. Itu harapan secepatnya sehingga ada yang menduduki Sekda di sini,” ungkapnya.

Sementara itu, usai dilantik sebagai Pj Sekda DIY, Wiyos menyatakan, sesuai dengan perintah Sri Sultan, dirinya siap melaksanakan tugas. Program-program yang sudah ada akan dijalankan sesuai dengan tahun anggaran. “Tentunya kita mengamankan pelaksanaan anggaran 2023 dan penyusunan RPJMD 2022-2027 nanti karena kita kan juga tahu administrasi tidak boleh ada kekosongan kepemimpinan di Sekda,” ungkap Wiyos. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *