8 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Keren Jelang Berbuka Puasa di Bantul

  • Whatsapp
jembatan kretek bantul
Jembatan Kretek Bantul. (Foto: Pemkab Bantul)

BacaJogja – Menunggu waktu berbuka atau yang akrab disebut dengan ngabuburit bisa dilakukan dengan beragam aktivitas. Seperti bersepeda, bermain di taman, jalan-jalan, atau berburu takjil.

Di Bantul, terdapat beberapa lokasi asyik yang dapat dikunjungi sambil menunggu waktu berbuka puasa. Berikut ini rekomendasi tempat ngabuburit asyik jelang kumandang azan Magrib di Bantul:

Read More

1. Laguna View Depok

Laguna View Depok
Laguna View Depok. (Foto: Pemkab Bantul)

Jalan Laguna, Pantai, Parangtritis, Depok, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55772
Laguna Depok berada sekitar 200 meter ke selatan tempat pemungutan retribusi pantai Depok, terletak di Desa Parangtritis, Pesona yang menjadi daya tarik di objek wisata ini adalah adanya muara yang masih tergolong hijau karena di padang pasir yang mengelilinginya ditumbuhi rerumputan.

Baca Juga: Festival Ramadan Kaliurang Sleman, Perpaduan Kuliner dan Hiburan

Tempat ini juga merupakan tempat berkumpulnya beberapa jenis burung, serta dapat digunakan juga untuk memancing. Selain itu, keberadaan Museum atau Laboratorium Geospasial juga bisa menjadi pilihan tempat yang bisa dikunjungi. Selain tempatnya yang indah, Museum ini juga bisa menambah pengetahuan tentang dunia hayati bagi wisatawan.

2. Watu Mabur Mangunan

Watu Mabur Mangunan
Watu Mabur Mangunan. (Foto: Pemkab Bantul)

Alamat: Mangunan RT 28, Lemahbang, Dlingo Mangunan, Bantul, Yogyakarta.
Tebing Watu Mabur menjadi daya tarik wisata yang eksotis dengan keindahan panorama alam berlatar pegunungan seribu yang luas. Tempat ini juga direkomendasikan yang ingin mencoba beberapa spot fotonya yang sedang hits. Adapun spot foto tersebut merupakan jalan raya / landasan pacu yang ujungnya tepat menghadap jurang.

Baca Juga: Sembilan Tempat Ngabuburit Ramadan yang Asyik di Bantul

Dengan latar belakangnya yang merupakan pengunungan seribu, menjadi pemandangan yang luar biasa. Kamu juga dapat melihat keindahan persawahan nan hijau yang terbentang luas dibawahnya. Persawahan khas daerah pegunungan dan sungai Oyo yang berkelok-kelok serta airnya berwarna kehijau-hijauan menjadi daya tarik tersendiri.

3. Hutan Mangrove Baros

kano hutan mangrove
Menyusuri muara Sungai opak dengan kano di kawasan tersebut memberi sensasi tersendiri. (Foto: Pemkab Bantul)

Alamat : Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
Wisata Hutan Mangrove Baros dengan menyusuri Sungai Opak atau Winongo dengan perahu atau kano. Perjalanan menyusuri dengan kano ini membuat anda takjub dengan pemandangan di sekelilingnya. Selama perjalanan tersaji pemandangan yang eksotik.

Baca Juga: Rekomendasi Tujuh Wisata Malam Keren di Bantul dan Gunungkidul

Anda bisa bermain kano di sepanjang aliran Sungai Opak atau Winongo. Pengujung bisa menyusuri Sungai Opak yang panjangnya mencapai 1,5 kilometer. Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menyaksikan beragam jenis burung yang tinggal di kawasan hutan mangrove. Di kawasan ini terdapat kurang lebih 49 jenis burung seperti burung Gelodok, burung Uca, burung kuntul, dan masih banyak lagi.

4. Pantai Parangtritis

pantai parangtritis
Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta. (Foto: Facebook/Pesona Indonesia)

Alamat : Kalurahan Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
Pantai yang berjarak 27 km dari pusat kota ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal sekaligus ikon pariwisata di Yogyakarta. Di tempat ini memungkian anda menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam.

Baca Juga: Sensasi Menyusuri Hutan Wisata Mangrove Baros Bantul dengan Kano

Pantai ini menawarkan aktivitas lain bagi para wisatawan seperti mengelilingi pantai dengan menggunakan motor ATV, kuda maupun delman, melakukan olahraga seperti berlari, sepak bola dan voli di pasir pantai, bermain di pinggir ombak, bermain layangan, atau sekadar duduk-duduk sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis.

5. Puncak Sosok

Puncak sosok
Puncak Sosok (Foto: Pemkab Bantul)

Alamat : Dusun Jambon, Bawuran, Kapanewon Pleret, Bantul.
Puncak bukit populer dengan panorama kota dan sangat menakjubkan menikmati matahari terbenam sambil menunggu berkumandang azan Magrib atau berbuka puasa.

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Puncak Sosok adalah berburu foto. Saat yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini yaitu kala sore hari. Namun, jangan datang terlalu sore karena nanti wisatawan akan banyak. Datanglah sekitar pukul 4 sore, dan cari tempat yang nyaman untuk menikmati pemandangan.

Baca Juga: Info Terbaru Tarif Tiket Masuk Objek Wisata di Bantul

Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam. Mengantarkan matahari pulang ke peraduan setelah menyelesaikan tugasnya menyinari dunia di siang hari. Mega merah mulai tergantikan dengan hitamnya langit malam. Namun, pemandangan indah tidak berhenti sampai di sini.

6. Embung Potorono

Wana Desa Telaga Potorono. (Foto: Dok. Pemkab Bantul)

Alamat : Dukuh Salakan, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan.
Tempat ini merupakan Wana desa dan Telaga Desa Potorono berupa telaga, embung atau danau buatan yang dibangun Pemda DIY pada 2017. Telaga Potorono awal mulanya digunakan bagi ketersediaan air di musim kemarau di daerah Potorono. Di tempat ini biasa digunakan untuk para goweser melepas lelah sambil menunggu waktu berbuka.

7. Lapangan Paseban

Taman Paseban Bantul
Taman Paseban Bantul. (Foto: Pemkab Bantul)

Alamat : Jalan Jenderal Sudirman No.170, Nyangkringan, Kapanewon/Kabupaten Bantul.
Arena publik di pusat Kota Bantul ini berada Nyaman untuk berkumpul bersama keluarga atau teman di tempat ini sambil menikmati lalu lalang kendaraan di seberang jalan.

8. Gumuk Pasir Parangkusumo

gumuk pasir parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo. (Foto: Pemkab Bantul)

Alamat Jalan Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Bantul.
Gumuk Pasir merupakan salah satu tempat wisata favorit yang ada di daerah Parangtritis. Gumuk Pasir menjadi wisata yang wajib didatangi karena, pengunjung dapat merasakan suasana gurun pasir yang berada di Indonesia.

Baca Juga: Rekomendasi Empat Wisata Hidden Gems di Bantul, Cocok yang Butuh Ketenangan

Salah satu wahana yang menarik disini adalah Sandboarding, dimana pengunjung dapat menikmati asiknya berseluncur diatas pasir sambil menikmati keindahan alam disekitar gumuk pasir. Saat ini gumuk pasir telah ditetapkan menjadi kawasan geo-heritage yang keberadaannya harus dilestarikan. Banyak hal yang mengasyikkan bisa dilakukan di tempat sambil menunggu buka puasa. []

Related posts