Strategi Polres Kulon Progo Mencegah Kejahatan Jalanan saat Ramadan

  • Whatsapp
patroli kulon progo
Polres Kulon Progo melaksanakan patroli dini hari menjelang sahur dan setelah salat Subuh untuk mengantisipasi kejahatan jalanan. (Foto: Dok. Polres Kulon Progo)

BacaJogja – Saar Ramadan ini sejumlah daerah terjadi insiden yang menganggu Kamtibmas, seperti kejahatan jalanan atau yang disebut klitih, tawur sarung, balap liar dan lainnya. Polres Kulon Progo melakukan langkah antisipatif agar gangguan Kamtibmas bisa diminimalisir.

Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu Triatmo Noviartuti mengatakan, polisi melaksanakan patroli guna meminimalisir terjadinya tindak kejahatan dan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat di bulan Ramadan. Polres Kulonprogo dan Polsek Jajaran melaksanakan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) yaitu dengan melaksanakan Patroli gabungan.

Read More

Baca Juga: Ini Dia Identitas 15 Pelaku Klitih Bumijo Yogyakarta

Patroli diikuti oleh beberapa anggota fungsi Kepolisian dilaksanakan selama bulan ramadan dengan waktu pelaksanaan sebelum sahur dan setelah salat Subuh hingga pagi hari di wilayah Kulon Progo yang diindikasi sebagai tempat rawan terjadinya gangguan kamtibmas selama bulan Ramadan.

Dia mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, Polres Kulon Progo melaksanakan patroli sesuai dengan tingkat kerawanannya yaitu patroli skala besar, patroli skala menengah dan juga razia pada titik tertentu guna memastikan tidak terjadi kejahatan jalanan.

Baca Juga: Kronologi Klitih Bumijo Yogyakarta, Polisi Tangkap 15 Pelaku

“Kegiatan patroli tersebut juga bertujuan untuk antisipasi terjadinya perang sarung, balap liar, pesta petasan dan knalpot blombongan serta gangguan Kamtibmas lainnya,” katanya, Selasa, 28 Maret 2023.

Menurut dia, dengan hadirnya petugas Polri menggunakan kendaraan dinas rotator menyala di kewilayahan, diharapkan dapat mengurungkan niat para pelaku tindak kejahatan untuk melakukan aksinya.

Baca Juga: Klitih Beraksi di Yogyakarta, Korban Luka Parah di RSUP Sardjito

“Kegiatan patroli saat menjelang sahur ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas khususnya pada waktu dini hari, pada saat menjelang sahur dan ibadah salat Subuh,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *