FUI DIY Kecam Kebrutalan Tentara Israel di Masjid Al-Aqsa Palestina

  • Whatsapp
aksi FUI Kecam Israel
Ratusan massa FUI DIY menggelar aksi di Alun-alun Utara Yogyakarta mengecam kebrutalan tentara Israel di Masjid Al Aqsha Palestina. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turut prihatin atas tragedi yang terjadi di Masjid Al-Aqsa Palestina. Gabungan beberapa ormas Islam di DIY ini mendesak pemerintah Indonesia bersikap dan berperan aktif menghentikan kezaliman yang dilakukan Israel.

Wujud keprihatinan ini dilakukan FUI dengan menggelar Buka Puasa Bareng Doa untuk Masjid Al Aqsa Palestina yang digelar di ruas jalan Titik Nol Kilometer – Alun-alun Utara Yogyakarta. Sekitar 400-an orang hadir dalam aksi peduli Palestina ini.

Read More

Baca Juga: FUI DIY Kutuk Pembakaran dan Pelecehan Alquran di Swedia dan Belanda

Koordinator aksi Totok Sunyoto mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kondisi Palestina. Di bulan Ramadan 1444 yang merupkan bulan penuh berkah bagi umat Islam, justru mengalami kezaliman dari tentara Israel.

Banyak bereda di banyak media, televisi, sosial media, yang memperlihatkan pasukan Zionis Israel menyerang para jemaah Muslim yang sedang melaksanakan ibadah Tarawih di Masjid Al-Aqsa. Mereka juga mengacak-acak ruangan masjid, menembaki para jemaah, melontarkan gas air mata, menendang, serta menagkap mereka yang melawan.

Baca Juga: Politikus DIY Kecam Serangan Israel pada Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa

“Aksi yang dilakukan FUI DIY ini menunjukkan kepedulian sebagai umat muslim, sekaligus sebagai warga Indonesia terhadap kondisi Palestina,” katanya di sela-sela aksi, Minggu, 9 April 2023.

Dalam aksi ini mendesak pemerintah Indonesia untuk bersikap dan bertindak aktif menghentikan kezaliman yang terjadi di Palestina. Dalam amanat UUD 1945 sudah ditegaskan pemerintah Indonesia menentang penjajahan di atas dunia.

Baca Juga: Tantangan Indonesia Mempertahankan Politik Luar Negeri dalam Kosmopolitanisme

“Kami meminta pemerintah Indonesia harus tegas dan jelas, punya tugas menekan agar penjajahan dan kedzaliman dihentikan. Pemeritah harus tegas mendorong Palestina terbeas dari penjajahan. Ini merupakan amanat UUD 1945,” jelas Totok.

Dia mengatakan, FUI DIY sudah sering menggelar aksi peduli Palestina. “Untuk kejadian tragedi yang terbaru ini, FUI aksi pertama. Insyaallah akan kami tindaklanjuti dengan aksi berikutnya menunggu perkembanan yang ada,” kata Totok.

Baca Juga: Agenda Kegiatan Masyarakat di Kota Jogja, Sleman dan Bantul Hari Ini

Dalam aksi ini juga menggalang donasi yang akan diserahkan kepada warga Palestina. Selain itu, juga diadakan buka bersama para peserta aksi dan warga di sekitar lokasi aksi.

“Takjil untuk buka bersama ini dari donatur atau sukarelawan. Kemarin kita share dan alhamdulillah, warga dengan antusias dan spontanitas menyumbang rezekinya untuk aksi ini,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *