Semarang Zoo Siap Sambut Libur Lebaran, Bidik 10 Ribu Pengunjung per Hari

  • Whatsapp
kesiapan Semarang zoo sambut lebaran
Pengecekan kesehatan satwa menjadi salah satu perhatian Semarang Zoo sambut libur Lebaran. (Foto: Gus Mul)

BacaJogja – Taman Satwa Semarang Zoo menyatakan kesiapannya untuk menyambut wisatawan selama libur Lebaran. Diharapkan, selama sepekan libur perayaan Idul Fitri 1444 H ini ada kunjungan wisatawan sebanyak 10 ribu orang per hari.

PT Taman Satwa Semarang, pengelola Semarang Zoo, berbenah diri menyambut libur Lebaran. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk antisipasi keamanan dan kenyamanan dari wahana yang ada.

Read More

Baca juga: Spesial Promo Ramadan Semarang Zoo: Mancing Gratis dan Diskon 25% untuk Sekolah

Direktur PT Taman Satwa Semarang, Choirul Awaludin mengungkapkan berbagai persiapan tersebut di antaranya dengan selalu menyiagakan dokter hewan yang setiap saat akan memantau perkembangan dan kesehatan hewan yang ada.

“Kami juga ada dokter hewan yang siap ngecek kondisi hewan, apakah penyakitan atau tidak, karena ini terkait interaksi mereka di masa libur Lebaran sepekan nanti,” kata dia usai apel kesiapan menyambut libur Lebaran, Rabu, 19 April 2023.

Pengecekan kondisi terkini dari wahana permainan maupun fasilitas lain yang telah dan terus dilakukan. Khusus di wahana Play-Play, Semarang Zoo bersama mitra kerja juga telah memastikan sisi safety dari tiap-tiap permainan, Termasuk di wahana air dan perahu, dipastikan aman dan siap digunakan di masa libur Lebaran.

“Bersama pihak ketiga, kami juga sudah melakukan pengecekan kondisi terkini fasilitas yang ada, salah satunya Play-Play, kami lihat dari sisi safety dan lainnya, termasuk beberapa wahana air, perahu. Sehingga di masa libur Lebaran kondisinya benar-benar aman untuk digunakan,” tegas dia.

Penambahan fasilitas tengah dan sudah diadakan. Seperti pusat informasi, posko kesehatan dan keamanan. Berkaca dari pengalaman yang ada di tempat-tempat wisata maupun keramaian, aksi kejahatan konvensional seperti pencopetan ataupun barang hilang dan tertinggal, jamak terjadi.

“Sehingga kami lakukan antisipasi dengan menggandeng kepolisian dan TNI, termasuk PMI yang akan selalu stanby selama sepekan libur Lebaran,” sambungnya.

Tak kalah penting adalah penerapan protokol kesehatan. Imbuan intens agar selalu mengenakan masker akan selalu disuarakan sejak di pintu masuk. Meski Semarang Zoo sendiri didominasi fasilitas outdoor namun hal itu tidak bisa menjadi tolok ukur untuk tinggi rendahnya potensi penyebaran Covid-19.

“Mengingat di Semarang Zoo itu banyak fasilitas outdoor maka kami juga melakukan penyesuaian. Seperti penyediaan fasilitas cuci tangan, termasuk selalu melakukan imbauan agar para pengunjung tetap memperhatikan prokes dan mengenakan masker, khususnya di tempat yang tertutup.¬† Ini semata antisipasi agar kejadian penyebaran covid bisa terhindarkan,” beber Awal, sapaan akrabnya.

Baca lainnya: Yayasan Mother Sunita Love Sumbang Pakan Satwa Semarang Zoo

Kesiapan lain menyambut sepekan libur Lebaran, Semarang Zoo juga menambah personel. Selain petugas dari TNI, Polri dan PMI, pihaknya juga merekrut tenaga tambahan yang berstatus semacam harian lepas sebanyak 20 orang.  Mereka akan ditugaskan untuk menghandle persoalan kebersihan dan sektor lain.

“Target pengunjung, khusus sepekan libur Lebaran rata-rata 10 ribu per hari. Harga tiket tidak berubah, hari biasa Rp 20 ribu, weekend Rp 25 ribu dan libur nasional Rp 30 ribu. Dan karena besok (libur Lebaran) termasuk libur nasional maka Rp 30 ribu, sudah termasuk gratis satu permainan di Play-Play untuk satu tiket,” imbuhnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *