Info Rute KA Manahan dan Banyubiru, Stasiun Pemberhentian serta Harga Tiket

  • Whatsapp
kereta api
Ilustrasi kereta api. (Foto: Daop 6 Yogyakarta)

BacaJogja – PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta memiliki kereta api (KA) dengan relasi baru yaitu KA Manahan dan KA Banyubiru. Dua KA ini resmi beroperasi pada 1 Juni 2023 hal ini seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai tanggal 1 Juni 2023.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan bahwa untuk tahap awal, kedua KA tersebut hanya dioperasikan pada akhir pekan. “Adanya KA baru ini dapat menambah pilihan masyarakat dalam bepergian ke Jakarta dan Semarang. Ada beberapa stasiun pemberhentian yang tentunya akan bisa digunakan masyarakat untuk naik turun kedua KA tersebut,” ujarnya.

Read More

Baca Juga: Daftar Lima KA Favorit Masyarakat pada Masa Mudik Lebaran 2023

Rangkaian KA Manahan nantinya akan terdiri dari 8 kereta Eksekutif dengan kapasitas per kereta adalah 50 tempat duduk. Dalam satu harinya, KA Manahan akan berangkat sebanyak dua kali, yaitu pukul 09.45-18.03 WIB (waktu tempuh 8 jam lebih 18 menit) dan 22.35-06.36 (waktu tempuh 8 jam lebih 1 menit) WIB.

Adapun rute yang dilalui sebagai berikut:
1. KA Manahan
Keberangkatan pagi dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kroya, Purwokerto, Cirebon, Cikarang, dan Jatinegara sebelum berakhir di Stasiun Gambir.

Keberangkatan malam akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, Purwokerto, Cirebon, dan Jatinegara sebelum berakhir di Stasiun Gambir.

Baca Juga: Tiket KA Angkutan Lebaran Keberangkatan Daop 6 Yogyakarta Terjual 155.553 Seat

Untuk rangkaian KA Banyubiru terdiri dari 4 kereta Eksekutif dan kereta Ekonomi dengan kapasitas per kereta Eksekutif sebanyak 50 tempat duduk dan Ekonomi sebanyak 80 tempat duduk. Dalam satu harinya, KA Banyubiru akan berangkat sebanyak 2 kali, yaitu pukul 10.40-12.42 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit) dan 17.15-19.31 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit).

2. KA Banyubiru
– Keberangkatan siang akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Salem, Gundih, dan Brumbung sebelum berakhir di Stasiun Semarangtawang.

– KA Banyubiru dengan keberangkatan sore akan berangkat dari Stasiun Solobalapan dan akan berhenti di beberapa stasiun seperti Salem, Gundih, Padas, dan Brumbung sebelum berakhir di Stasiun Semarangtawang.

Baca Juga: Daop 6 Yogyakarta Operasikan KA Tambahan Lebaran, Tersedia 66.176 Tempat Duduk

Tiket Tarif Promo

Untuk semakin menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Manahan seharga Rp200.000, serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp30.000 dan kelas ekonomi Rp20.000. Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023.

Karena pembelian tiket kereta api jarak jauh dapat dilakukan sejak H-30, masyarakat sudah bisa membeli tiket KA-KA tersebut pada aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.

Baca Juga: Daop 6 Yogyakarta Sediakan 254.562 Tiket Angkutan Lebaran 2023

Franoto mengatakan, dengan dioperasikannya KA baru tentun menambah pilihan perjalanan menggunakan KA sehingga masyarakat dapat menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan.

Untuk info selengkapnya terkait pengoperasian kereta api baru ini, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“Dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo tersebut, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” tutur Franoto. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *