Angka Lansia di Yogyakarta Tertinggi Nasional, Namun Tetap Berkarya

  • Whatsapp
lansia jogja berkarya
Kesenian yang ditampikan oleh sebagian besar usia lanjut di Yogyakarta menjadi bukti lansia masih tetap berkarya. (Foto: Pemkab Bantul)

BacaJogja – Tahukah Anda, di Daerah Istimewa Yogyakaarta ini jumlah penduduk usia lanjut merupakan yang tertinggi presentasenya di tingkat nasional? Begitulah faktanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, menunjukkan DIY merupakan provinsi dengan penduduk lansia terbesar dalam skala nasional. Jumlahnya penduduk DIY mencapai 3,68 juta jiwa, jumlah lansia sebanyak 17,33 persen.

Read More

Baca Juga: Kisah Inspiratif Parijem, Lansia Pembuat Camilan Tradisional Asal Kulon Progo

Sekretaris Daerah DIY, Benny Suharsono mengatakan, angka lansia di Yogyakarta lebih tinggi dibanding rata-rata nasional. “Itu berarti lansia Jogja cenderung lebih sehat dan bahagia, serta berpengaruh pada harapan hidup yang tinggi pula,” ujarnya saat membuka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional.

Meski usia sudah tua, namun masih banyak yang terus berkarya. Seperti Tarian Gedruk Megat Tresno yang dibawakan para lansia.

Baca Juga: Pemkab Sleman Beri Rp150.000 per Orang untuk Lansia dan Anak Telantar

Aksinya ternyata menghentak panggung utama peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 yang digelar di Pantai Cemoro Sewu, Kretek, pada Rabu, 7 Juni 2023. Penampilan ini berhasil menyedot perhatian penonton karena peserta tari didominasi lansia.

Persembahan seni lain seperti angklung oleh LLT Rasa Sayang dari Guwosari pun juga mengundang tepuk tangan hadirin. Sebab pertunjukan ini menjadi bukti lansia tetap bisa berkarya dan berkegiatan positif di usia senja.

Baca Juga: Program Tular Nalar Warga Lansia, Tingkatkan Literasi dan Cakap Digital

Ketika menginjak usia lanjut, berbagai perubahan fisiologis akan terjadi. Untuk itu, berbagai kegiatan positif yang dilakukan lansia dapat membantu mereka untuk menjalani hari-hari dengan lebih sehat dan bahagia.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *