Gamal Albinsaid: PKS Parpol Pertama di Indonesia Beri Kuota Generasi Muda

  • Whatsapp
Gamal PKS
Ketua DPP Bidang Kepemudaan, dr. Gamal Albinsaid saat jumpa pers di DPW PKS DIY. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – PKS DIY mendaftarkan 75 caleg usia muda pada Pemilu 2023. Hal ini membuktikan komitemn PKS melahirkan generasi muda di kancah politik.

Hal itu disampaikan Ketua DPP Bidang Kepemudaan, dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed yang meresmikan Sekolah Pemimpin Muda yang dilaunching oleh Bidang Kepemudaan DPW PKS DIY pada Minggu, 11 Juni 2023.

Read More

Gamal mengatakan, hanya ada sembilan negara di dunia yang memberikan kuota khusus untuk Caleg muda. Dalam hal ini, PKS sudah melahirkan konsep baru, di mana PKS adalah Partai Politik pertama di Indonesia yang secara regulasi internal memberikan kuota khusus untuk generasi-generasi muda.

Baca Juga: Jokowi Sebut Demokrat dan PKS Sering ke Istana Maunya Malam, Benarkah?

“Sehingga kami dalam daftar Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) di DIY sendiri yang didaftarkan ada 75 Caleg usia muda. Dan itu memberikan gambaran bagaimana komitmen PKS melahirkan pemimpin-pemimpin muda,” ungkapnya dalam jumpa pers di DPW PKS Jalan Gambiran Umbulharjo Yogyakarta, Minggu, 11 Juni 2023.

Menurut Gamal, apa yang dilakukan PKS ini sesuatu yang istimewa. Sudah sesuai dengan rekomendasi dari Inter Parliamentary Union bahwa seyogyanya dalam perlemen itu 30 persen anggota dewan usianya berada di bawah 30 tahun, dan 45 persen berada di bawah 45 tahun,” ungkapnya.

Baca Juga: Bukan Minta Cawapres, Ternyata Ini yang Diinginkan PKS Usung Anies Baswedan

Dokter kelahiran Tahun 1989 ini mengatakan, lebih dari itu, PKS memiliki satu mindset berpikir tidak menjadikan anak-anak muda sebagai objek politik tetapi seubjek politik. “Artinya kita tidak hanya mendekati generasi muda dengan cara berpakaian atau cara bermedia sosial, tapi lebih dari itu kita memberikan kesempatan anak-anak muda untuk menjadi perwakilan dari PKS di parlemen di Tahun 2024 mendatang,” lanjutnya.

Tentang memberikan kepercayaan kepada anak-anak muda, PKS bukan hanya memberikan kepercayaan dalam bentuk kuota Caleg, namun di beberapa daerah juga diberikan kepercayaan mendapat nomor urut 1. “Bahkan ada juga yang menggantikan posisi incumbent,” tambah Gamal Albinsaid.

Baca Juga: PKS Target Dapat 9 Kursi DPRD DIY pada Pemilu 2024

Sosok yang dikenal sebagai inovator kesehatan ini menceritakan bagaimana dia dipercaya oleh Presiden PKS menjadi Ketua DPP Bidang Kepemudaan, padahal sebelumnya tidak pernah terlibat sama sekali baik di level DPRa, DPC, DPD, DPW, maupun DPP. “Artinya di PKS ada sebuah sistem politik yang memberikan pernghargaan lebih kepada mereka yang berprestasi,” ungkapnya.

Di agenda yang dihadiri caleg-caleg muda di berbagai level dapil dari seluruh DIY ini dr. Gamal Albinsaid juga menyampaikan pesan untuk generasi-generasi muda PKS. “Kita anak muda ibarat matahari pada pukul 12 siang. Paling terang, paling panas, paling membara. Jangan barkan masa muda itu berlalu begitu saja tanpa ada karya yang mempesona,” pesannya.

Baca Juga: Presiden PKS Silaturahmi ke Juru Kunci Merapi, Komitmen Penanggulangan Bencana

“Lebih baik kita menderita karena kedisiplinan daripada kita menderita karena kegagagalan, penyesalan, dan kekalahan,” imbuh Gamal.

Ketua DPW PKS DIY Agus Mas’udi menyampaikan rasa bahagianya di hadapan peserta Sekolah Pemimpin Muda. “Peserta yang di sini banyak sekali yang tidak saya kenal, artinya regenerasi kepemimpinan berjalan, tidak “4L”, Lu Lagi Lu Lagi,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *