Marthia Adelheida, Caleg Partai Ummat Nomor Urut 1 DPRD DIY Dapil Sleman Utara

  • Whatsapp
Marthia Adelheida
Caleg Partai Ummat Marthia Adelheida. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Marthia Adelheida kembali terjun ke dunia politik. Politisi perempuan yang menjadi MPP Partai Ummat Sleman ini akan mengikuti pemilihan umum legislatif DPRD 2024 mendatang.

Namanya terdaftar sebagai calon legislatif (caleg) Partai Ummat nomor urut 1 untuk DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Dapil DIY VI atau Sleman B/Sleman Utara. Dapil VI ini terdiri sembilan kecamatan antara lain Prambanan, Kalasan, Ngemplak, Ngaglik, Sleman, Tempel, Turi, Pakem dan Cangkringan.

Read More

Karir politik Adel, sapaan akrab Marthia Adelheida, tidak perlu diragukan lagi. Perempuan yang berdomisili di Jalan Tongkol Raya Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta ini sudah pernah menjadi anggota DPRD DIY selama 12 tahun atau 2,5 periode.

Baca Juga: Penandatanganan Pakta Integritas dan Ikrar Netralitas ASN Yogyakarta di Pemilu 2024

Menjadi wakil rakyat atau anggota DPRD DIY/Pergantian Antar Waktu (PAW) pada 2007-2009. Adel menjadi Sekretaris Komisi D DPRD DIY. Pada Pemilu 2009, Adel kembali maju sebagai caleg dan mendapatkan 11.000 suara sehingga lolos dan menjadi Anggota Komisi B DPRD DIY periode 2009-2014.

Pada Pemilu 2014, lulusan S1 Fisipol HI UGM Yogyakarta ini kembali maju sebagai caleg. Sebagai incumbent saat itu, perolehan suara melonjak signifikan. Adel meraih 17.827 suara dan terpilih sebagai wakil rakyat. Adel kembali menjadi anggota Komisi B DPRD DIY periode 2014-2019.

Adel mengaku terjun ke dunia politik dan sukses menjadi legislator berkat mentor dari seorang Amien Rais. “Sosok yang mengenalkannya pada politik tidak lain adalah Pak Amien Rais,” kata Adel.

Baca Juga: Asosiasi Media Siber Indonesia dan Polda DIY Kolaborasi Lawan Hoaks Jelang Pemilu 2024

Pada Pemilu 2019, Adel absen di dunia politik. Dia lebih memilih dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Selama lima tahun vakum dalam dunia politik. Lima tahun itu pula, Bu Adel seperti layaknya warga biasa. Mengikuti kegiatan di kampungnya, rajin ikut pengajian, pertemuan dasa wisma atau PKK, dan lainnya.

Keinginan terjun ke jalur politik kembali mengemuka. Ini terjadi setelah Amien Rais mendirikan Partai Ummat. Adel pun mengikuti jejaknya. “Saya tidak lupa yang membawa saya 2,5 periode menjadi anggota dewan, hampir 12 tahun. Akhirnya saya bergabung Partai Ummat,” katanya.

Adel ikut bergabung sejak Partai Ummat muncul. Dia kemudian mendapat tugas untuk pendirian Partai Ummat di Sleman, mulai pembentukan DPD, DPC hingga DPRt. Kini di Partai Ummat di MPP Partai Ummat Sleman.

Baca Juga: 50 Suku dan Etnis di Yogyakarta Duduk Bersama Jaga Kondusivitas Pemilu 2024

Dia pun maju caleg lewat Partai Ummat untuk DPRD DIY dari Dapil Sleman Utara yang meliputi sembilan kecamatan; yakni Turi, Tempel, Sleman, Ngaglik, Pakem, Cangkringan, Ngemplak, Pramabanan, dan Kalasan.

Adel mengaku kembali nyaleg untuk kepentingan umat. Dia kini lebih fokus untuk masyarakat. Kembali ke politik tidak ada lagi memikirkan material duniawi.

Untuk urusan rumah tangga pribadi keluarga sudah tuntas. Kedua anaknya sudah berkeluarga dan hidup mandiri. “Sudah tidak lagi menjadi beban karena anak-anak sudah selesai, tidak membiayai lagi karena sudah mandiri, sehingga saya InsyaAllah jika Allah mengizinkan, saya full untuk kepentingan ummat,” jelas Adel.

Baca Juga: PKB Bantul Targetkan Tambah Kursi Tiap Dapil pada Pemilu 2024

Sebagai perempuan, Adel bertekad bisa memajukan kaum hawa. Pemberdayaan perempuan menjadi prioritasnya. Mendorong agar perempuan juga melek politik. “Pemberdayaan masyarakat menjadi prioritas, khususnya kalangan perempuan,” ungkpanya.

Riwayat pendidikan:

– SD Muhammadiyah Purwodiningratan Kota Yogyakarta
– SMP Negeri 2 Yogyakarta
– SMA Negeri 1 Jakarta
– Fisipol Hubungan Internasional UGM Yogyakarta (lulus S1)

Riwayat kerja:

– Pusat Antar-Universitas (IUC) 1986-2005 selama 19 tahun
– Anggota DPRD DIY/Pergantian Antar Waktu (PAW) pada 2007-2009 menjadi Sekretaris Komisi D
– Anggota Komisi B DPRD DIY periode 2009-2014
– Anggota Komisi B DPRD DIY periode 2014-2019 []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *