Ragam Manfaat Terapi Berendam Air Es untuk Kesehatan

  • Whatsapp
berendam air es
Ilustrasi berendam air es. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Dalam kompetisi pada olahraga dengan durasi panjang seorang atlet harus mempunyai stamina yang kuat. Salah satunya adalah dalam dunia kompetisi sepak bola. Di Indonesia sepak bola liga 1 harus memakan waktu lebih dari satu tahun. Setiap minggu seorang atlit harus bertanding kurang lebih 2x dalam seminggu dalam kompetisi sepak bola Indonesia.

Dalam kondisi seperti itu, mau tak mau sebagai seorang atlet harus dituntut mempunyai fisik stamina yang kuat dan tidak mudah lemah dikarenakan jadwal pertandingan yang padat yang sudah menanti.

Read More

Hal yang membuat seorang atlet akan terkuras banyak stamina adalah pola latihan dan pertandingan atlet yang padat serta banyak menghabiskan energi yang terforsir pada akhirnya akan membuat seorang atlit kesulitan untuk mengembalikan kebugaran seperti sedia kala.

Baca Juga: Pertama di Bantul, Tersangka Pelecehan Seksual Atlet Gulat Dijerat UU TPKS

Pertandingan yang padat merayap membuat sang pelatih utama dan pelatih fisik harus berpikir keras supaya sang atlit bisa bugar kembali sebelum pertandingan, salah satunya hal yang harus dilakukan bagi seorang pelatih adalah dengan memberikan terapi yang tepat.Salah satu terapi yang sudah banyak penelitian yang efektif adalah Berendam di air es batu.

Terapi berendam di air es batu merupakan salah satu terapi dengan cara merendamkan tubuh dengan air es batu yang bertujuan untuk memulihkan energi secara cepat. Kata lain dari terapi berendam es batu adalah hidroterapi dingin. Terapi ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kebugaran tubuh terutama dalam mengembalikan fisik bagi atlet.

Baca Juga:  Jesicha Putri Larasati, dari Melihat Kini Jadi Atlet Segudang Prestasi

Manfaat dari terapi berendam air es Batu adalah meredakan otot, mengembalikan mental atlet karena membuat rileks tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memulihkan cedera dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Menurut Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji, terapi berendam air es batu ini sudah banyak diaplikasikan pada atlet sepak bola di liga Indonesia. Contohnya para pemain Persis Solo yang mempunyai program jadwal latihan yang keras dan pertandingan yang padat serhingga setiap selesai pertandingan Pelatih Fisik memprogramkan terapi es batu guna mengembalikan kebugaran pemain.

Baca Juga: Atlet Panahan dan Pencak Silat Asal Bantul Raih Medali SEA Games Vietnam

“Terapi berendam air es batu sangat efektif dalam mengembalikan pemulihan cedera bagi atlit sehingga akan mempercepat proses penyembuhan,” ucap Prima Trisna Aji kepada wartawan media online.

Hal ini juga diperkuat dengan Penelitian dari Profesor Wilgesen dari USA menyampaikan bahwa terapi berendam air es batu adalah terapi yang mempunyai efek penekan hormon kortisol atau hormon yang menimbulkan stres sehingga akan berdampak mencegah terganggunya tanda – tanda vital di dalam tubuh. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *