Ungkap Dugaan Pemilu Curang, Lima Partai Politik Tanda Tangan Dukung Hak Angket DPR

  • Whatsapp
dukung hak angket
Lima parpol di Yogyakarta mendukung hak angket DPR. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Lima partai politik di Yogyakarta resmi menandatangani mendukung hak angket DPR untuk mengungkap dugaan kecurangan Pemilu 2024. Kelima partai tersebut yakni NasDem, PKB, PKS, PDI Perjungan, dan PPP.

Tanda tangan dukungan hak angket dibubuhkan setelah Aliansi Rakyat Yogyakarta Bersatu mendatangi kantor DPRD DIY, Selasa, 5 Maret 2024. Aliansi ini yang berasal dari Gerakan Penegakan Kedaulatan Rakyat (GPKR) dan Gerakan Rakyat Untuk Demokrasi dan Keadilan (GARDA). Massa aksi mengaku senang mendapat dukungan dari partai politik melalui wakilnya di DPRD DIY.

Read More

Baca Juga: Tujuh Sikap Gerakan Peduli Bangsa di Yogyakarta, Dukung Hak Angket hingga Audit Forensik Sirekap KPU

Penandatanganan dukungan hak angket DPR ini masing-maisng diwakili oleh Nuryadi dari PDI Perjuangan, Heri Dwi (NasDem), Sofyan S (PKS), Jumakir (PKB), dan Maryam (PPP).

Nuryadi mengatakan, aksi membubuhkan tanda tangan bukan mewakili institusi DPRD DIY. “Sikap yang diambil ini (mendukung hak angket) merupakan hikmat kebijaksanaan Fraksi PDI Perjuangan, bukan mewakili DPRD DIY secara kelembagaan,” katanya kepada awak media, Selasa, 5 Maret 2024.

Baca Juga: Hak Angket DPR Hal Biasa, Pemerintah dan Jokowi Tak Perlu Khawatir

Dia mengatakan, aspirasi Aliansi Rakyat Yogyakarta Bersatu yang menginginkan hak angket DPR akan segera disampaikan ke Jakarta. “Kami menerima dan menyampaikan ke Jakarta,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Nuryadi turut melakukan aksi teatrikal menggergaji kaki kursi kanjengan sebagai wujud mematahkan penguasa yang diduga tidak mendengar rakyat. “Aspirasi ini cara santun khas Jogja, tidak perlu dicurigai. Kami akan sampaikan aspirasi ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Mega-AMIN, Seriuskah Hak Angket?

Sementara itu, Heri Dwi dari NasDem mengaku terharu mendengar aspirasi yang disampaikan Aliansi Rakyat Yogyakarta Bersatu yang mendukung hak angket DPR. “Dari Jogja kita semangati, kita wujudkan proses demokrasi dengan baik dan benar. Terlepas apa pun hasilnya nanti, yang jelas dari jogja kita wujudkan agar bagaimana masyarakat menyampaikan aspirasi,” jelasnya.

Dia mengatakan, Partai NasDem sangat mendukung hak angket untuk mengungkapkan dugaan kecurangan Pemilu. Mayotitas rakyat juga merasakan dugaan yang begitu terasa itu. “Saya dari NasDem ikut tanda tandan memberikan dukungan untuk hak angket di DPR RI,” tegasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *