Raih 14 Medali Emas, SMA Muhi Yogyakarta Juara Umum Olympicad 2024 di Bandung

  • Whatsapp
kontingen Muh1
SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta menjadi juara umum Olympicad 2024 di Bandung setelah meraih 14 medali emas.. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta berhasil meraih prestasi membanggakan pada ajang Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) Nasional VII yang digelar 6-8 Maret 2024 di Bandung, Jawa Barat. Di ajang ini SMA Muhi sebagai juara umum dengan membubukan 14 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Raihan medali ini menjadikan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai peraih medali terbanyak dan juara umum tingkat sekolah Muhammadiyah se-Provinsi DIY.

Read More

Medali tersebut diraih berasal dari 11 cabang lomba yang berbeda. 11 cabang lomba tersebut diantaranya : Robotik meraih 1 emas dan 1 perunggu, Karya Tulis Ilmiah meraih 1 perak, Musik Akustik meraih 1 emas, Fisika meraih 1 perak, dan Matematika 3 emas, dan 1 perak. Medali selanjutnya diraih dari Biologi 2 emas, Kebumian 3 emas, E-Sport 1 emas, Story Telling 1 emas, Bisnis Plan 1 emas, dan Desain Poster 1 emas.

Baca Juga: Daftar Lokasi di Yogyakarta yang Mengalami Listrik Padam Sabtu 9 Maret 2024

Kepala SMA Muhi Yogyakarta Drs. H. Herynugroho, M.Pd selaku mengaku bersyukur dan mengucapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih siswanya di kompetisi tingkat nasional. Terlebih, SMA Muhi menjadi sekolah Muhammadiyah di DIY peraih medali terbanyak. “Melalui kegiatan Olympicad ini, diharapkan terbentuk kepribadian siswa yang unggul, kompetitif, dan bisa bersaing di tingkat global,” katanya.

Dia menuturkan, pihaknya telah menunjuk guru-guru terbaik untuk mendampingi siswa agar sukses di berbagai perlombaan. Pembimbingan dilaksanakan secara rutin melalui kegiatan ekstrakurikuler olimpiade, dan pendampingan khusus setiap akan ada lomba.

Bahkan, pendampingan ini juga dibarengi dengan seleksi yang ketat terhadap siswa yang akan mengikuti olimpiade, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, sampai nasional.

Baca Juga: Apa Boleh Penderita Jantung Koroner Melakukan Ibadah Puasa?

Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Didik Suhardi dalam sambutannya menyatakan Olympicad tidak hanya menjadi ajang perlombaan, melainkan juga wahana peningkatan prestasi dan menyambung silaturahmi. Namun juga sebagai sarana meningkatkan prestasi, sekaligus menyambung silaturahmi pendidikan Muhammadiyah se-Indonesia. “Semoga dengan diadakan OlympicAD ini, pendidikan Muhammadiyah makin unggul,” katanya.

Menurut dia, ada 33 mata lomba yang dipertandingkan yang terbagi menjadi enam kelompok yaitu olimpiade mata pelajaran, kreativitas siswa, guru berprestasi, kepala sekolah berprestasi, sekolah berprestasi, dan Al Quran.

Pada Olympicad 2024 di Bandung, 48 kontingen SMA Muhi mengikuti ajang ini setelah berhasil melewati 2 tahap penyisihan di daerah. Dua tahap penyisihan tersebut adalah pada tingkat Kota Yogyakarta dan Provinsi DIY yang kegiatannya diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Yogyakarta dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

Baca Juga: Dalam Dua Jam Gunung Merapi Terjadi 8 Kali Awan Panas Guguran

Sebanyak 48 kontingen SMA Muhi terbagi atas 19 cabang lomba. Rombongan berangkat ke Bandung pada Selasa, 5 April 2024 sore menggunakan bus dengan didampingi 9 orang guru.

Kontingen SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dipimpin oleh Drs. H. Herynugroho, M.Pd selaku kepala sekolah dan Edo Lestari, M.Psi selaku wakil kepala urusan kesiswaan. Setelah mengikuti serangkaian perlombaan, rombongan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melakukan perjalanan pulang menuju Yogyakarta dengan menggunakan armada bus pada Jumat, 8 Maret 2024 pukul 19.00 WIB. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *