SMKN 3 Yogyakarta Gandeng BTKP DIY Gelar Pelatihan Canva For Education

  • Whatsapp
canva for education
SMKN 3 Yogyakarta menggandeng BTKP DIY menggelar Pelatihan Canva For Education. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Saat ini kemampuan Guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik akan mempengaruhi proses penerimaan materi oleh siswa, salah satu pendukung kemampuan tersebut adalah guru harus memiliki kompetensi pembuatan media pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi, CANVA merupakan salah satu media tersebut.

SMK Negeri 3 Yogyakarta sebagai salah satu sekolah dengan jumlah siswa kurang lebih 60 kelas dan jumlah guru 130 orang, sekolah ini memiliki harapan agar semua guru mempunyai kompetensi dalam memberikan materi pembelajaran yang berdiferensiasi sehingga proses pembelajaran yang dilakukan terasa lebih menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan murid.

Read More

Baca Juga: Lomba Tari Kreasi Menjadi Magnet Wisata Sleman

Bertempat di Ruang Yudhistira SMKN 3 Yogyakarta, mulai hari Senin sampai dengan Selasa, 29-30 April 2024, SMK Negeri 3 Yogyakarta bekerja sama dengan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY mengadakan Pelatihan CANVA FOR EDUCATION bagi guru. Kegiatan ini merupakan pelatihan media pembelajaran lanjutan yang sebelumnya pernah dilakukan namun belum dapat mencakup semua guru.

Dalam sambutannya, Widada, S.Pd, M.Pd, selaku Kepala SMKN 3 Yogyakarta, menyatakan bahwa kegiatan seperti ini dapat mengembangkan kompetensi guru khususnya dalam pembuatan media pembelajaran dan sangat mendukung kegiatan ini maupun kegiatan lain sejenisnya.

Baca Juga: Pasar Terban Yogyakarta Direvitalisasi jadi Tiga Lantai, Megah, dan Modern

“Saya sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini, baik secara regulasi maupun administrasi, serta mendukung kegiatan pengembangan kompetensi guru lainnya seperti magang di industri atau bekerjasama dengan pihak lain dalam mengadakan kegiatan pengembangan kompetensi selanjutnya,” ungkap Widada.

Pada pelatihan ini BTKP DIY mengutus narasumber ahli untuk memberikan pelatihan dan mendampingi para Guru agar mendapatkan pengetahuan dalam pengembangan diri memanfaatkan aplikasi canva, serta dapat mewujudkan kegiatan pemanfaatan akun belajar.id yang telah didapat dari pemerintah yang saat ini sudah terintegrasi dengan program CANVA FOR EDUCATION.

Baca Juga: Jadwal 30 Perjalanan Commuter Line Yogyakarta Periode 6-18 April 2024

“Meningkatnya pengetahuan dan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran akan berimbas dengan meningkatnya kualitas pembelajaran yang berarti kualitas lulusan akan semakin baik,” tambah Widada.

Pelatihan Pemanfaatan Canva For Education pada kali ini memfasilitasi 35 guru dari berbagai bidang mata pelajaran, diharapkan semuanya dapat menyelesaikan semua proses pelatihan hingga praktek dalam membuat media pembelajaran dengan aplikasi CANVA yang bervariasi.

Selain itu dengan adanya kegiatan ini guru dapat mengembangkan kompetensi dalam membuat media pembelajaran bebasis IT yang menarik. Sehingga transformasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik di SMK Negeri 3 Yogyakarta dapat terwujud. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *