Sabahat Ganjar Sebut Pernyataan Natalius Pigai Bukan Masalah Besar yang Mencoreng Persahabatan

  • Whatsapp
Sahabat Ganjar Papua
Relawan Ganjar Papua saat deklarasi mendukung Ganjar Praowo maju Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Cuitan Natalius Pigai sebagai mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menjadi sorotan. Pigai diketahui mengatasnamakan masyarakat Papua terkait cuitannya di Twitter yang menyebut ‘Jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi & Ganjar’.

Sahabat Ganjar Papua dan Sahabat Ganjar Indonesia pun merespons hal tersebut. “Harapan kami, warga Papua tidak boleh terprovokasi dengan apa yang disampaikan oleh abang kami, Natalius Pigai karena itu cuma kepentingan pribadi semata.” ujar Ketua DPW Sahabat Ganjar Papua, Isak Caki Giabo, SH saat diminta pendapatnya di Jayapura, Senin, 4 Oktober 2021.

Read More

Isak menambahkan secara pribadi menghormati Natalius Pigai, namun caranya berpolitik seperti penuh dengan dendam pribadi dengan mencuitkan hal rasialis. “Kita orang Papua yah, mungkin berbicara tentang rasis ini yah pernah ada, tapi ini kan bukan pada umumnya semua orang Jawa sampaikan rasis terhadap orang Papua,” terang Isak.

Baca Juga: Relawan Sahabat Ganjar Borong Produk Usaha Mikro se-Indonesia

Pernyaatan Natalius Pigai dinilai hanya statemen pribadi yang tidak akan mencoreng persahabatan masyarakat Papua dengan masyarakat lain di luar Papua. Mayoritas masyarakat Papua dinilai Isak masih sangat menghormati sosok Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Jadi, sementara kita masih ada di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita tidak usah memvonis orang seperti itu. Apalagi sama Pak Ganjar. Ini kan, kalau bisa mau dilihat, ini hal yang memang sangat secara pribadi melukai kami sebagai pemberi dukungan kepada Pak Ganjar karena apa? Ganjar itu orangnya simple, ketokohan, kebapakan, sama beberapa kami, kepedulian beliau sama masyarakat mahasiswa-mahasiswa Papua yang ada di Jawa Tengah sangat besar.” Tegas Isak.

Baca Juga: Usung Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024, Sahabat Ganjar Deklarasi Serentak 51 Kota

Sementara itu Aluysius Jaka mewakili DPP Sahabat Ganjar Indonesia menghimbau, agar jika ingin menyampaikan kritik, sebaiknya jangan sampai memfitnah. “Bersikap kritis adalah hal yang baik, karena kita membutuhkan pihak lain untuk mengkoreksi sikap kita, tetapi bila itu bentuknya fitnah, mungkin lebih baik tidak perlu disampaikan, agar kerukunan di negeri ini tetap terjaga,” ungkap Aluysius.

Statement Natalius juga dinilai tidak akan memberi pengaruh terhadap dukungan masyarakat Papua terhadap Ganjar Pranowo. “Papua adalah bagian dari Indonesia, Sahabat Ganjar ada di seluruh Indonesia, termasuk di Papua dan Papua Barat, karena kami mempunyai DPW di kedua wilayah tersebut. Dan kami masih solid,” kata Aluysius Jaka.

Baca Juga: Relawan Deklarasikan Sahabat Ganjar di Bali dengan Taat Prokes

Terakhir Aluysius mengimbau kepada seluruh relawan pendukung Ganjar Pranowo agar tidak terpancing atas pernyataan Natalius Pigai. Apa yang disampaikan bukan hal besar yang akan mencoreng persahabatan sesama relawan.

“Saya himbau untuk semua anggota Sahabat Ganjar yang tersebar di seluruh Indonesia, agar tetap solid, fokus memberikan informasi terbaik tentang kinerja Ganjar Pranowo ke seluruh lapisan masyarakat. Jangan ikut-ikutan terpancing opini pihak lain yang kurang bermanfaat bagi perkembangan organisasi dan figur Ganjar Pranowo,” ungkapnya di Yogyakarta. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *