Mengenal Sosok Mbah Minto Klaten, Pemeran YouTube “Gagal Mudik” Meninggal

  • Whatsapp
Mbah Minto Klaten meninggal
Mbah Minto Klaten meninggal dunia. (Foto: Istimewa)

KlatenInna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Mbah Minto Klaten meninggal dunia pada Rabu, 22 Desember 2021 malam. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Youtuber yang bernama lengkap Minto Suwito Siyam ini sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam Klaten, Jawa Tengah.

Kabar duka ini diunggah oleh Youtuber Ucup Klaten melalui akun Instragram @ucup_jbsklaten, yang menyebut perempuan berusia 85 tahun ini meninggal pada Rabu, 22 Desember 2021 pukul 21.15 WIB. “Sugeng tindak Simbok, Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang. – TIM UK -,” tulis Ucup Klaten pada keterangan unggahannya.

Read More

Baca Juga: Innalillahi, Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia

Simbah yang beralamat rumah di Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten ini rencananya akan dimakamkan di tempat pemakaman umum di Sasanoloyo Wonosegaran Bugel pada Kamis, 23 Desember 2021 pukul 14.00 WIB.

Mbah Minto meninggalkan empat anak/menantu masing-masing Tugiyo-Sri, Wiji-Rusmiyati, Tofik-Wahyuni dan Sudiono-Sarwini. Selain itu juga meninggalkan 15 cucu dan empat buyut.

Sosok Simbah yang Menghibur Semua Kalangan

Sebelum membintangi Vlog Yotuber Ucup Klaten, Mbah Minto bekerja serabutan. Kadang menawarkan jasa sebagai tukang bersih-berish rumah atau pijat keliling tetatangga.

Mbah Minto awalnya dibayar murah dalam setiap produksi vlog yang dikelola Ucup, hanya Rp20.000. Namun bayarannya berlipat-lipat setelah parodi dagelan Jawa berjudul Gagal Mudik yang dibintangi Mbah Minto viral. Upah yang diterima Rp200-300.000 sekali produksi.

Baca Juga: Duka Cita Bupati Bantul untuk Enam Korban Meninggal Kecelakaan Truk Terguling di Sleman

Sejak saat itu pula, Mbah Minto mulai dikenal. Bupati Klaten Sri Mulyani pernah berkolaborasi denga Mbah Minto dalam video YouTube berjudul Jaga Jarak. Video ini dibuat dalam rangka menekan penyebaran virus saat pandemi.

Selain itu, istri Panglima TNI (saat itu menjabat KASAD) Jenderal Andika Perkasa, Hesti bersama rombongan mendatangi rumah Mbah Minto.

Baca Juga: Jamasan Tombak Kyai Wijoyo Mukti Pemerintah Kota Yogyakarta

Meski sudah terkenal, Mbah Minto tidak berubah. Tetap menunjukkan sosok sederhana meski sudah menjadi jutawan termasuk memiliki asisten bernama Edi Susanto yang merupakan tetangganya.

Tidak ada yang meragukan akting Mbah Minto ini. Menurut penuturan Ucup Klaten, maestro campursari Didi Kempot menganggap Mbah Minto ikut teater. Padahal tidak, akting Mbah Minto autodidak.

Kini Mbah Minto punya akun Instragram Offisial dengan nama @simbok_minto yang dikelola Ucup Klaten. Pengikutnya sudah lumayan, meski baru sudah diikuti sekitar 1.500-an. Sugeng tindak Mbah Minto.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *