DPRD DIY: TransJogja untuk Pelajar Sebaiknya Gratis

  • Whatsapp
Bus TransJogja
Bus TransJogja. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menyatakan, sebaiknya TransJogja gratis bagi pelajar. Upaya ini akan sangat meringankan para pelajar sekaligus melatih pelajar menggunakan transportasi umum. Di sisi lain, untuk mengurangi kemacetan dan untuk penghematan.

“Hal ini penting dilatih untuk para pelajar. Menggunakan transportasi umum juga melatih toleransi dan kesabaran,” katanya, Senin, 11 April 2022.

Read More

Baca Juga: Asyiknya Perjalanan Trans Jogja Mengaspal sampai Objek Wisata Kaliurang

Huda mengatakan, apalagi setelah Covid-19 ini melandai dan anak anak sekolah masuk lagi, biasanya Kota Yogyakarta penuh dengan kendaraan pada jam-jam tertentu, seperti saat pulang dan berangkat sekolah. “Saya sendiri menaiki bus TransJogja dan Teman Bus ini cukup nyaman dan waktu juga tidak terlalu panjang,” kata dia.

Menggratiskan TransJogja bagi pelajar juga insentif agar banyak pelajar pakai transport umum. Mengurangi anak sekolah pakai motor sendiri. “Banyak anakn sekolah pakai motor sendiri meski masih dibawah umur dan belum punya SIM. Ini akan mengurangi aksi kejahatan jalanan yang akhir-akhir ini marak,” jelasnya.

Baca Juga: TransJogja Berhenti Beroperasi sampai PPKM Darurat Berakhir

Dia berharap juga pihak sekolah bisa memberikan insentif bagi anak-anak yang naik transportasi umum. Dari sisi APBD tidak seberapa, tapi dari sisi pembelajaran dan pendidikan sangat berarti.

Politikus PKS ini mengungkapkan, saat ini juga sudah ada Teman Bus yang menjangkau luar kota dari arah Jalan kaliurang yang disupport oleh Kemenhub secara gratis. “Saya mendorong agar ada kebijakan menggratiskan TransJogja buat pelajar, dan sekolah memberi insentif nilai plus bagi siswa yang menggunakan kendaraam umum,” katanya.

Baca Juga: Kurangi Penggunaan BBM Energi Fosil, UGM Luncurkan Bus Trans Gadjah Mada

Dia mengatakan, hal ini perlu dikampanyekan secara massif, kerja sama dengan influencer naik TransJogja atau Teman Bus. “Upload di IG atau medsos naik bus. Saya kira hal ini akan efektif kurangi masalah kejahatan jalanan,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *