UNY Jadi Koordinator Tes Seleksi Pendidikan Guru, Ini Jadwal dan Teknis Pelaksanaan

  • Whatsapp
monitoring peserta seleksi PPG
Monitoring peserta seleksi PPG dengan 20 layar monior. (Foto: Dok, UNY)

BacaJogja – Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI menunjuk Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai Koordinator Tes Seleksi Akademik PPG bagi calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap I.

Tahap I total peserta ada 390.231 orang guru PAUD, SD, SMP dan SMA. Seleksi calon mahasiswa PPG Tahap I ini berlangsung 9 – 24 April yang terbagi dalam 5 periode. Sedangkan Tes Seleksi PPG Tahap II direncanakan digelar pada Juni 2022 dengan peserta sekitar 350.000 orang guru PAUD, SD, SMP dan SMA.

Read More

Baca Juga: Berkah Ramadan, Jutaan Mahasiswa Kembali Kuliah Tatap Muka Meski Masih Pandemi

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana mengatakan, proses seleksi ini menggunakan tes berbasis domisili untuk menjaga kesehatan bagi semua pihak dalam masa pandemi sekarang ini. “Tujuan tes berbasis domisili ini antara lain memberi motivasi para guru dengan literasi teknologinya, efektif dan efisien dengan tidak memerlukan test center dan sekaligus melatih kemandirian,” kata Margana.

Ujian daring berbasis domisili ini juga dilakukan secara fleksibel karena peserta dapat mengikuti ujian di rumah masing-masing atau tempat pilihannya dengan pertimbangan kelancaran jaringan internet serta tetap mengikuti SOP yang ditetapkan.

Baca Juga: Keren, Anak Pedagang Sayur Keliling di Kulon Progo Lulus UNY dengan IPK 3,84

Ketua Tim Pakar Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Prof Syawal Gultom mengatakan, peserta tes PPG diawasi seorang pengawas yang memantau sekaligus 20 orang melalui layar monitor komputer. “Untuk mengawasi ada tidaknya perjokian tinggal dilihat di layar monitor,” katanya.

“Peserta tes yang serius pasti konsentrasi pada layar monitor karena membaca soal di situ, namun apabila kasak-kusuk maka pengawas tinggal mematikan sistem pada komputer peserta sehingga soal tes menghilang,” jelasnya.

Baca Juga: Hebat, Anak Buruh Catering di Bantul Lulusan Terbaik UNY

Dia mengatakan, syarat ujian PPG ini dalam satu ruang hanya boleh ada satu orang. Hal ini sekaligus melatih kesiapan literasi dan edukasi para guru calon peserta karena pada saat PPG juga memakai sistem yang sama. Sejak Covid-19 sistem pembelajaran menjadi hybrid antara offline dan online.

“Soal yang dipakai dalam tes seleksi calon mahasiswa PPG ini dibuat dalam banyak paket oleh Tim Pakar dalam rangka meminimalisasi kebocoran, dan soal hanya sekali pakai,” ungkapnya.

Baca Juga: Hebat, Anak Buruh Tani asal Godean Sleman Lulusan Terbaik UNY

Sekretaris Tes Seleksi PPG Dalam Jabatan Sukarno, M.Hum mengatakan tes seleksi calon mahasiswa PPG Tahap I ini berlangsung sejak 9 hingga 24 April yang terbagi dalam 5 periode. “UNY selain sebagai koordinator tes juga sekaligus sebagai penyelenggara yang diadakan di Gedung PPG, Unit Layanan Bahasa dan UPT TIK” katanya.

Setiap sesi UNY mengerahkan 135 pengawas dan setiap pengawas memonitor 20 orang dan semua kegiatan tes dikendalikan dari ruang kendali di Gedung PPG UNY yang dapat memantau nama peserta, asal sekolah, dinas pendidikan, kabupaten dan provinsi asal. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *