Lima Objek Wisata Lereng Merapi Sleman Buka Lagi, Dua Masih Tutup

  • Whatsapp
wisata bukit klangon
wisata bukit klangon di Sleman. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Pemkab Sleman kembali beberapa destinasi wisata di kawasan Gunung Merapi. Tentu ini kabar baik dalam menyambut libur Lebaran 2022. Namun, masih ada dua destinasi wisata yang masih belum beroperasi.

Ada lima destinasi yang sebelumnya ditutup karena aktivitas Merapi kini kembali dibuka lagi. Kelima destinasi tersebut yakni:
1. Bukit Klangon
2. Bunker Kaliadem
3. Kinahrejo atau Petilasan Mbah Maridjan
4. Wisata Religi Turgo
5. Jeep Wisata Lava Tour

Read More

Baca Juga: Daftar Enam Desa Wisata Terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta 2022

Pembukaan kembali lima destinasi wisata tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kepala Dinas Patiwisata Kabupaten Sleman Nomor 556/447 tanggal 13 April 2022 Perihal Pembukaan Kembali Destinasi Wisata.

Adapun dua destinasi wisata yang masih ditutup berdasarkan surat edaran tersebut yakni kegiatan wisata tracking Merapi dan paket Jeep Sunrise Merapi.

Baca Juga: Asyiknya Berwisata di Agrowisata Pabrik Gula Madukismo Bantul Yogyakarta

Surat tersebut mengacu pada hasil pantauan terhadap penurunan potensi bahaya aktivitas Gunung Merapi di wilayah di Kapanewon Cangkringan (Glagaharjo, Kepuharjo, Umbulharjo) dan di Kapanewon Pakem (Purwobinangun), serta berdasarkan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Sleman.

Terkait hal itu, Pemka Sleman meminta kepada pengelola destinasi wisata yang dibuka kembali harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Syarat tersebut antara lain melakukan pendampingan petugas SAR selama jam operasional destinasi serta memiliki prosedur tetap penanganan kondisi darurat erupsi Gunung Merapi serta berkonsultasi dengan BPBD Kabupaten Sleman.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *