Yacona Lapor Polisi Pemalsuan Produk yang Dijual di Marketplace

  • Whatsapp
Yacona
KSB selaku pemegang merek dagang Yacona saat jumpa pers di Yogyakarta. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – PT. Kanca Bersama Sukses (KSB), selaku pemegang hak merek “Yacona” melakukan melaporkan akun-akun yang sudah menjual produk Yacona palsu di platform markeplace. KSB secara serentak men-takedown semua produk Yacona palsu. Apa yang dilalukan KSB ini bagian dari upaya melindungi konsumen agar terhindar memakai produk palsu yang membahayakan kesehatan.

Yacona mrupakan produk herbal diabetes dalam bentuk kapsul yang terbuat dari ekstrak daun yakon dan beberapa bahan hernal lain. Yacona bermanfaat membantu menurunkan gula darah dan membantu perbaikan sel beta pankreas.

Read More

Baca Juga: Polresta Yogyakarta Tangkap Perempuan Pemalsu Kapur Ajaib Merek Bagus

Perwakilan PT KSB, M. Azis Syafruddin mengatakan, tidak ada jaminan terhadap dampak kesehatan karena produk palsu. “Akibat pemalsuan produ itu kami juga mengalami potensi kerugian Rp200 Juta hingga Rp1 miliar,” katanya dalam jumpa pers, Rabu, 10 Agustus 2022.

KSB telah melayangkan berkas permohonan takedown ratusan akun yang menjual Yacona palsu tersebut kepada pihak kepolisian Polda DIY. Pelaporan terkait tindak pidana pemalsuan merek sebagaimana yang diatur dalam pasal 100, 101, 102, 103 Undang-Undang No 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis dan peraturan perundang-undangan lainnya yang berkaitan dengan tindakan pidana tersebut dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara dan atau denda paling banyak Rp2 miliar.

Baca Juga: Temuan BBPOM Yogyakarta Jelang Natal, 965 Produk Tak Punya Izin Edar

Direktur PT KSB Dimas Ragil Achir Rudin mengatakan, dari hasil laporan polisi sudah bergerak dan memproses beberapa pemilik akun Shopee. Mereka antara lain berasal dari Demak dan Wonogiri. “Dari hasil pemeriksaaan kepolisian Polda DIY juga sudah mengantongi beberapa target lainnya yang siap untuk diringkus,” ungkapnya.

Kuasa hukum RLF Sigit Fajar Rohman mengatakan, Polda DIY sudah bekerja secara profesional dalam memengani kasus tersebut. Hal itu ditunjukkan telah teridentifikasi akun-akun yang menyebarkan produk Yacona palsu.

Baca Juga: Khasiat Hebat Jamu Ginggang Yogyakarta, Resep dari Abdi Dalem Pakualaman Sejak 1950

Lima Perbedaan Produk Yacona Asli dan Palsu

Setidaknya ada lima hal perbedaan Yacona asli dan Yacona palsu. Pertama Yacona asli memiliki hologram berlogo Almanar dan bertuliskan Almanar Herbafit sementara Yacona palsu di Hologram tidak berlogo Almanar dan bertuliskan original atau tulisan selain Almanar Herbafit.

Kedua, dalam hal kemasan. Yacona asli memiliki kemasan berwarna putih dan cerah sementara Yacona palsu kemasannya berwarna putih kusam. Ketiga dalam hal segel botol, Yacona asli memiliki botol disegel plastik shrink berlogo Yacona sebaliknya Yacona palsu di bagian tutup botol tanpa segel plastik shrink.

Baca Juga: Ketahanan Pangan dari Pekarangan Rumah ala Warga Kota Yogyakarta

Keempat, perbedaan terletak pada kode produk. Yacona asli memiliki kode produk terletak di dus kemasan dan bawah botol sedangkan Yacona palsu kode produk hanya tertulis di kemasan dus.

Kelima, perbedaan menonjol ada di tempat penjualan. Yacona asli hanya terjual di toko-toko yang tercantum di web resmi yaconaindonesia.co.id sebaliknya Yacona palsu dijual di toko-toko selain yang tercantum dalam di web resmi. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *