SKI DIY Minta Partai Ummat Segera Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

  • Whatsapp
SKI dan Partai Ummat DIY
SKI dan Partai Ummat DIY saat jumpa pers di Yogyakarta, Senin, 26 September 2022. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Sejumlah komunitas relawan Anies Baswedan yang terhimpun dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) mengunjungi DPW Partai Ummat DIY di Kotagede, Kota Yogyakarta, Senin, 26 September 2022. Bagi SKI, ini merupakan kunjungan ke pimpinan partai politik di DIY yang keempat.

Juru Bicara SKI DIY Suharto mengatakan, sejak SKI hadir di DIY sudah aktif menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan partai politik dan tokoh masyarakat dalam rangka menggalang dukungan untuk Anies Baswedan. Selama ini SKI DIY sudah bersilaturahmi dengan empat pimpinan parpol tingkat DIY.

Read More

Baca Juga: Partai Ummat DIY Tegas Tolak Kenaikan Harga BBM

Dia mengatakan, keempat pimpinan parpol yang disambangi yakni Partai NasDem, Partai Demokrat, PKS dan terakhir Partai Ummat. “Dari kunjungan dan audiensi yang kami lakukan, keempat parpol terus secara prinsip mendukung pencalonan Anies Baswedan,” katanya dalam keterangan pers di DPW Partai Ummat DIY, Senin, 26 September 2022.

Hanya saja, secara resmi belum mendukung mengingat keputusan dukungan calon presiden ada di tangan pimpinan pusat. “Semuanya mendukung, tapu belum mengeluarkan sikap politik karena menunggu dari DPP partai masing-masing. Semoga Partai Ummat dalam waktu dekat mengeluarkan sikap resmi mendukung Anies Baswedan,” jelasnya.

Baca Juga: Cahaya Menoreh Kulon Progo Tebar Benih Ikan dan Dukung Anies Baswedan Presiden 2024

Menurut dia, SKI sendiri merupakan wadah dari berbagai komunitas relawan Anies Baswedan. Di DIY ada sekitar 10 komunitas relawan Anies, antara lain Jaringan Relawan Anies Basweddan (Jarnas ABW) Gunungkidul, Anies For Presiden Indonesia (AFPI), Anies Baswedan Presiden 2024 (Anies P-24), Sobat Anies dan lainnya.

Ketua DPW Partai Ummat DIY Dwi Kuswantoro mengatakan, partai besutan Amien Rais ini terbuka komunikasi dengan parpol lain termasuk dengan relawan, termasuk dalam pencalonan presiden pada Pilpres 2024 mendatang. Di internal Partai Ummat sendiri, saat ini masih pada posisi menentukan kriteria.

Baca Juga: Tiga Bakal Capres NasDem: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa

“Kriteria dalam bahasa Pak Amien, yang sesuai dengan sifat-sifar kenabian, yakni Siddiq, Amanah, Tablig dan Fatanah. Partai Ummat dengan Anies Baswedan punya nafas yang sama yakni melawan kezaliman,” jelasnya.

Dia mengatakan, konstituen Partai Ummat juga sering menyampaikan aspirasinya agar mendukung Anies Baswedan. “Kami ke konsittuen mendengarkan aspirasi, memang suara Pak Anies Baswedan ini sangat kencang. Pengurus Partai Ummat juga sebagian menjadi relawan Anies,” ungkapnya.

Baca Juga: Advertising Lapor Polisi Buntut Pencopotan Baliho Raksasa Anies Baswedan di Yogyakarta

Menurut dia, secara resmi Partai Ummat belum menjatuhkan dukungan kepada calon presiden siapa pun. Namun, kunjungan dari SKI ini menjadi momentum bagi DPW untuk menyampaikan ke DPP Partai Ummat. “Secara normatif masih menunggu sikap dari DPP. Namun dari grassroat Partai Ummat di DIY mayoritas mendukung Anies Baswedan. Suaranya sangat kencang. Pasti kami usulkan ke DPP untuk mendukung Anies,” kata Dwi. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *