Banyak Rumah dan Sekolah di Kulon Progo Terendam Banjir

  • Whatsapp
banjir temon kulon progo
Hujan deras yang mengguyur Kulon Progo sejak semalam mengakibatkan banyak rumah dan sekolah khususnya di Temon dan Panjatan terendam banjir. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kulon Progo sejak semalam mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir. Saluran pembuangan air yang tidak berfungsi dengan baik membuat banyak rumah dan sekolah terendam banjir.

Dampak banjir paling parah terjadi di Kapanewon Temon dan Panjatan. Data Dinas Pendidikan Kulon Progo tercatat ada 15 sekolah yang terendam banjir.

Read More

Baca Juga: Update Dampak Banjir Bandang di Kokap Kulon Progo

Panewu Temon, Agus Hidayat menyatakan, rumah warga yang terendam ada di wilayah Kulur, Kaligintung, dan Kalidengen. Ketinggian masih di bawah 50 sentimeter.

Dia mengatakan, curah hujan cukup tinggi dan terjadi dalam beberapa hari belakangan. Sementara proyek normalisasi sungai belum tuntas sehingga air meluber menggenangi permukiman warga. “Jumlah rumah yang terendam masih dalam pendataan,” katanya, Kamis, 13 Oktober 2022.

Baca Juga: Banjir Kepung Purworejo, BNPB: Waspada Hari Ini Masih Berpotensi Hujan Lebat

Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kulon Progo, Budi Prastowo menyebutkan, hingga tadi siang setidaknya masih ada 20 titik genangan air terutama di Temon dan Panjatan. Salah satu titik genangan terjadi di SMK N 1 Temon.

Selain itu genangan juga sempat terpantau di jalan desa wilayah Tapen, Hargomulyo, Kokap. Denangan air paling parah baru masuk ke halaman rumah atau belum masuk rumah. “Genangan air paling tinggi mencapai 15-20 setimeter di Jalan Ki Hadi Sugito, Tayuban, Kapanewon Panjatan,” katanya.

Baca Juga: Banjir Menggenangi Halaman SD Banasara Lendah Kulon Progo

Selain banjir dan genangan air, BPBD Kulon Progo juga mendapat laporan tanah longsor di sejumlah titik. Tanah longsor terjadi di daerah Kokap menimpa rumah warga. “Untuk korban jiwa nihil,” tegasnya.

Data dari Dinas Pendidikan Kulon Progo tercatat ada 15 sekolah yang terendam banjir. Berikut rinciannya:
Bangunan Sekolah SMP
– SMPN 2 Panjatan
– SMP Muhammadiyah 2 Wates
– SMP Muhammadiyah

Baca Juga: Dampak Banjir dan Longsor di Nanggulan dan Girimulyo Kulon Progo

Bangunan sekolah SD
– SDN 3 Sungapan
– SDN Palihan lor
– SD Bopkri Temon,
– SDN 6 Bendungan
– SDN 1 Kanoman
– SDN 2 Kanoman
– SD Mlarangan
– SDN Bojong Baru
– SDN Sanggrahan
– SD Depok
– SD Barongan

Bangunan Sekolah SMK
– SMKN 1 Temon []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *