Galeri Produk Daur Ulang Sampah yang Keren di Kota Yogyakarta

  • Whatsapp
Galeri Produk Daur Ulang Sampah
Galeri Produk Daur Ulang Sampah di Gedung Dinas DLH Kota Yogyakarta Jalan Bimasakti No.1, Demangan, Kemantren Gondokusuman. (Foto: Dok. Pemkot Yogyakarta)

BacaJogja – Pemkot Yogyakarta meluncurkan galeri yang menampilkan ragam produk dari daur ulang sampah. Produk yang diciptakan keren dan mempeseno. Warga yang ingin membeli atau sekedar melihat produk bisa datang secara daring dan luring.

Galeri Produk Daur Ulang Sampah ini berada di gedung Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yang berada di Jalan Bimasakti No.1, Demangan, Kemantren Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Kerajinan Rumah Kayu Keren Karya Suhatso di Yogyakarta

Kepala DLH Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto mengatakan Pemkot Yogyakarta berkomitmen dalam mengurai dan menyelesaikan permasalahan sampah. Komitmen ini dibuktikan dengan diluncurkannya galeri produk daur ulang, klinik dan website Forum Bank Sampah.

Dia mengatakan, galeri menampilkan beragam produk daur ulang sampah produksi bank sampah di kota Yogyakarta. Pengelolaan galeri dilakukan Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta. “Warga yang ingin membeli produk daur ulang sampah ini bisa mengakses secara daring maupun luring,” ungkapnya, Senin 31 Oktober 2022.

Baca Juga: Jogja International Creative Arts Festival, Bantul Jadi Etalase Kriya Dunia

Secara virtual, galeri produk daur ulang bank sampah juga ditampilkan di website forum bank sampah, yakni forumbs.jogjakota.go.id. Website ini juga telah terintegrasi dengan Jogja Smart Service (JSS).

Galeri Produk Daur Ulang Sampah jogja
Galeri Produk Daur Ulang Sampah di Gedung Dinas DLH Kota Yogyakarta Jalan Bimasakti No.1, Demangan, Kemantren Gondokusuman. (Foto: Dok. Pemkot Yogyakarta)

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengapresiasi dan menyambut baik peluncuran tersebut. Menurut dia, dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Yogyakarta juga dapat dilakukan dengan mengoptimalkan pengembangan sarana dan prasarana sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R).

Baca Juga: Bening Craft Jogja, Menyulap Limbah Kaca Menjadi Kerajinan Siap Ekspor

“Di Kota Yogyakarta, TPS3R hanya mampu mengolah sampah sebanyak 18,42 persen dari jumlah sampah yang masuk ke TPS3R,” bebernya.

Untuk itu perlu adanya kerja sama dari berbagai pihak terutama kerjasama antara bank sampah dan TPS3R. “Selain itu juga harus dilakukan pendekatan masyarakat untuk mengubah cara pandang agar mau mengolah sampah secara mandiri, sehingga sampah akan selesai di dekat sumber sampah,” bebernya.

Sumadi berharap dengan diluncurkannya galeri produk daur ulang, klinik dan Website Forum Bank Sampah tersebut dapat mempopulerkan semangat pengolahan sampah untuk menjadi solusi serta rekomendasi mengenai permasalahan lingkungan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *