PT Widodo Makmur Perkasa dan Dompet Dhuafa Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

  • Whatsapp
korban gempa cianjur
PT Widodo Makmur Perkasa Tbk bersama Dompet Dhuafa bergerak cepat menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat terdampak gempa di Cianjur dan sekitarnya. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMP) berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa bergerak cepat mendistribusikan bantuan kemanusiaan berupa ribuan paket makanan bergizi kepada warga terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat, Sabtu, 26 November 2022. PT WMP dan Dompet Dhuafa meninjau langsung lokasi Pos Layanan Dapur Umum di Pengungsian Kampung Pamengpeuk, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang.

Mekanisme distribusi bantuan makanan tersebut dilakukan melalui mendirikan Pos Layanan Dapur Umum WMP untuk mengolah makanan siap saji. Layanan ini bisa mendistribusikan lebih dari 1.000 paket makanan setiap hari. Tidak kurang dari 150 relawan terlibat dalam aktivitas itu yang terdiri dari berbagai usia dan latar belakang.

Read More

PT Widodo Makmur Perkasa Tbkm sebuah grup usaha yang bergerak di bidang consumer goods and agricultural commodities dalam aksi kemanusiaan ini menyiapkan lebih dari 10.000 porsi makanan bergizi yang akan terus didistribusikan hingga 10 hari ke depan.

Baca Juga: Vokalis The Rain Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan

WMP Melalui dua anak usaha yang beroperasi di Kabupaten Cianjur, yaitu PT Pasir Tengah dan PT Cianjur Arta Makmur, menyalurkan bantuan berupa produk bahan makanan kepada masyarakat terdampak bencana seperti makanan olahan berupa sosis, bakso, nuget, hingga beras premium.

Tak ketinggalan, lini bisnis peternakan unggas terintegrasi PT Widodo Makmur Unggas Tbk juga ambil bagian dengan mendonasikan produk daging ayam berupa karkas. Setiap harinya, Posko Dapur Umum WMP mengolah hampir 1 (satu) ton bahan makanan menjadi paket makanan siap saji untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak bencana.

Chief People Officer and Corporate Secretary, PT Widodo Makmur Perkasa Tbk Puti Retno Ali mengatakan, keluarga besar PT Widodo Makmur Perkasa Tbk turut berduka atas musibah bencana alam yang terjadi di Kabupaten Cianjur. Perusahaan berupaya membantu masyarakat dengan menyalurkan bantuan berupa produk-produk makanan yang bergizi dan berkualitas.

Baca Juga: DMC Dompet Dhuafa Pasok Ratusan Paket Sembako kepada Korban Banjir Pakistan

“Langkah ini merupakan bentuk komitmen kami untuk menyediakan pangan bagi masyarakat Cianjur yang terdampak bencana, serta kami menyadari pentingnya asupan makanan bergizi sebagai kebutuhan dasar masyarakat agar tetap sehat menghadapi kondisi yang tidak menentu seperti saat ini,” jelasnya.

CEO PT Pasir Tengah Heri Prasojo, menyatakan, penyaluran bantuan ini adalah wujud nyata WMP Group dalam mewujudkan visi Perusahaan yaitu Provide Food for The Nation. “Sebagai Perusahaan yang telah beroperasi di wilayah Kabupaten Cianjur selama puluhan tahun dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

“Kami juga turut merasakan duka dan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya musibah ini. Kami bergerak secepat mungkin agar bantuan yang telah kami siapkan ini dapat segera di didistribusikan kepada masyarakat terdampak bencana,” jelasnya.

Baca Juga: Mbah Tuginem, Sosok Sederhana asal Bantul Sumbang Mobil APV untuk Misi Kemanusiaan Covid-19

Secara total, pihaknya menyiapkan support berupa bahan makanan sebesar 4,7 ton yang akan diolah menjadi paket makanan siap saji yang akan didistribusikan melalui beberapa titik pos dan dapat dikonsumsi langsung. “Di hari-hari ke depan tim kami juga akan terus melakukan peninjauan ke lapangan akan kebutuhan para masyarakat di lokasi bencana, dan tidak menutup kemungkinan bagi kami untuk memberikan bantuan dalam bentuk lainnya,” sebutnya.

Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa Etika Setiawanti menjelaskan donasi makanan melalui pembangunan pos respons PT Widodo Makmur Perkasa Tbk sangat membantu tim di lapangan yang berperan sebagai dapur umum dalam menyediakan asupan makanan yang bergizi dan berkualitas bagi masyarakat. Layanan Dapur Umum menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang sangat penting saat kondisi bencana, mengingat akses untuk mendapatkan bahan makanan yang sulit.

Baca Juga: Update Korban Gempa Cianjur, 103 Meninggal dan 31 Orang Masih Hilang

“Pasokan bahan makanan menjadi penting mengingat tidak ada yang mengetahui kapan bencana alam gempa bumi akan berakhir. Terlebih masih adanya gempa susulan yang terus terjadi membuat sebagian masyarakat takut kembali ke rumah mereka, sehingga upaya mitigasi bencana menjadi lebih panjang”, tambah Etika Setiawanti.

Di tempat terpisah, Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC DD (Disaster Management Center) menyatakan, hingga hari ke lima pasca bencana, DMC Dompet Dhuafa bersama relawan telah melakukan berbagai program respon di lapangan. Program tersebut adalah assessment wilayah terdampak, evakuasi korban, pemulasaran jenazah, kedaruratan kesehatan korban dan penyintas, pemenuhan logistik melalui dapur umum dan dapur keliling, pembinaan rohani serta Psychological First Aid (PFA).

Untuk kebutuhan logistik kami menerjunkan Dapur Keliling (Darling) dan mengakomodir Dapur Umum salah satunya di Ponpes Al Humaediyah, di Desa Bejot, Cugeunang, Cianjur, Jawa Barat. Pos WMP juga berfungsi sebagai pos satelit di mana tidak hanya berfungsi sebagai stasiun dapur umum, tetapi juga stasiun pergerakan tim Dapur Keliling, pelayanan medis, hingga kolektor data aksi lapangan yang akan diteruskan ke pos induk.

Baca Juga: Gempa 5,6 SR Guncang Cianjur Jawa Barat

Tentang PT Widodo Makmur Perkasa Tbk
Dimulai sejak 1995, PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMP) merupakan salah satu Perusahaan consumer goods dan agricultural commodity terdepan di Indonesia. Didukung 5 lini bisnis yakni Livestock, Meat Processing, Poultry, Commodity, Construction & Energy yang terintegrasi secara holistik. Memegang teguh visi Provide Food for The Nation, setiap tahun WMP terus menunjukkan pertumbuhan yang positif. Baik dari segi pengembangan prasarana dan kapasitas produksi maupun dari sisi bisnis dan aset. Saat ini WMP mewujudkan upaya penerapan energi terbarukan dalam proses produksinya guna mendukung pertumbuhan Perusahaan, serta upaya pembinaan dan orkestrasi petani muda di Indonesia. Untuk people, profit, planet.

Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *