Viral Air Mancur Muncul saat Hujan dan Banjir di Gunungkidul, Ini Penjelasannya

  • Whatsapp
air mancur gunungkidul
Air mancur muncul dan bekas lubang air menyembur di Gunungkidul. (Foto: Screenshot Twitter @TRCBPBDDIY)

BacaJogja – Beredar video yang memperlihatkan munculnya air mancur secara mendadak di Dusun Pucangsari, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta pada Rabu, 30 Noember 2022.

Air mancur itu tiba-tiba muncul bersamaan dengan kejadian hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul dan menyebabkan banjir di sejumlah sungai di Bumi Handayani.

Read More

Baca Juga: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Kunjungi Sungai Bawah Tanah Seropan Gunungkidul

Uniknya, air mancur dadakan tersebut menyembur ke atas dengan deras. Ketinggian semburan sekitar 2-3 meter dari dalam tanah.

Video berdurasi 30 detik ini diunggah oleh akun Twiter @TRCBPBDDIY. Video ini viral. Sejak diposting, video tersebut sudah ditonton 18.200 ribu, retweets 318 kali, dan disukai 634 kali.

Baca Juga: Update Data Banjir, Longsor dan Pohon Tumbang di Gunungkidul Yogyakarta

Twitter @TRCBPBDDIY menulis,
“Fenomena unik setiap kejadian banjir beberapa lokasi di Gunungkidul; semburan air dari sungai bawah tanah. Lok : Pucangsari, Candirejo Semanu. Merupakan doline, dan bagian inlet dari sistem sungai bawah tanah. Selalu berhati2 dan waspada kebencanaan. SAAT INI SUDAH SURUT,” demikian keterangannya.

Secara geografis, Kabupaten Gunungkidul memiliki sungai dalam tanah. Beberapa sungai tersebut dimanfaatkan oleh warga sebagai sumber air minum seperi di Bribin dan lainnya.

Baca Juga: Banyak Rumah dan Sekolah di Kulon Progo Terendam Banjir

Sementara itu, Kurniawan, 40 tahun, warga setempat mengungkapkan, fenomena air mancur ini sudah biasa terjadi di Gunungkidul karena banyak sungai bawah tanah.

“Air menyembur karena volume air sungai bawah sedang tinggi dan tersunbat. Lalu air menyembur ke atas,” ungkapnya.

Baca Juga: Update Data Kerusakan Longsor, Banjir dan Angin di Kulon Progo dan Sleman

Menurut dia, seiring volume air sungai bawah berkurang, air mancur berhenti dengan sendirinya.

Benar saja, tidak lama kemudian, air mancur yang viral tersebut benhenti menyembur. Tampak ada lubang cukup besar di bekas titik keluarnya air mancur tersebut. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *