Semarak Ramadan, Dompet Dhuafa Yogyakarta dan Jogja City Mall Gelar Lomba Tartil Alquran

  • Whatsapp
Lomba tartil alquran
Dompet Dhuafa Yogyakarta dan Jogja City Mall Gelar Lomba Tartil Alquran. (Foto: Dompet Dhuafa)

BacaJogja – Dompet Dhuafa Yogyakarta berkolaborasi dengan Jogja City Mall (JCM) menggelar Lomba Tartil Alquran untuk anak usia 7-12 tahun di Atrium JCM, 1 April 2023.

Kak Faiz selaku Penanggungjawab Event Jogja City Mall mengatakan, pada Ramadan kali ini Jogja City Mall ingin memaksimalkan event kebaikan. “Salah satunya dengan lomba Tartil kolaborasi dengan Dompet Dhuafa ini yang telah lama bekerjasama dalam berbagai program,” ujarnya.

Read More

Ketua Ramadan 1444 H Dompet Dhuafa Yogyakarta Anita Diah Ekasari mengatakan, JCM adalah salah satu mitra strategis Dompet Dhuafa Jogja yang telah berkolaborasi selama bertahun-tahun. Lomba Tartil ini menjadi event pertama selama Ramadan yang dikerjasamakan bersama Dompet Dhuafa, akan ada dua event lagi di tanggal 16 dan 20 April.

Baca Juga: MWCNU Pundong Bantul Safari Ramadan Tiga Lokasi, Serahkan Mushaf Alquran Terbaru

Lomba Tartil ini menjadi salah satu event Ramadan yang tak banyak diselenggarakan. Kegiatan ini dapat menjadi syiar tersendiri dengan mengenalkan ayat suci Alquran lebih luas salah satunya melalui lomba tartil ini. “Terima kasih Jogja City Mall yang terus membersamai membentang kebaikan bersama,” ujar Anita.

Membaca Alquran adalah sebaik-baiknya ibadah umat Islam. Banyak sekali keutamaan yang didapat bagi pembacanya, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Untuk menanamkan kecintaan pada Alquran, anak-anak perlu dibimbing dan diapresiasi pada tiap-tiap capaiannya. Sejalan dengan tujuan itu, Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Jogja City Mall menyelenggarakan event Euphoric Ramadan yang salah satu kegiatannya adalah lomba tartil Alquran.

Baca Juga: FUI DIY Kutuk Pembakaran dan Pelecehan Alquran di Swedia dan Belanda

“Anak-anak perlu diapresiasi atas prestasinya dalam mempelajari Alquran, salah satunya dengan adanya lomba ini. Sebagai sarana anak-anak mengukur kemampuan dan lebih bersemangat nantinya dalam mempelajari Alquran,” Ustaz Bilal Tim Juri Lomba Tartil dari Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Sebanyak 30 peserta usia 7-12 tahun mengikuti perlombaan ini. Perlombaan berlangsung dari pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB. Dalam menentukan pemenang, penilaian oleh juri fokus pada 3 hal, yaitu tajwid, irama, dan sikap. Juri dalam event ini antara lain ustaz Risky Aviv Nugroho M. Pd. dan Ustaz Sudar Belino M. Pd. Keseharian berduanya berprofesi sebagai pendidik.

Baca Juga: Mengenal Program Yatim Ekselensia Scholarship LPI Dompet Dhuafa yang Dilaunching di Yogyakarta

Perlombaan Taril Alquran tersebut pada urutan pertama sebagai pemenangnya adalah Shindy Aulia dari MI Gandekan, Pajangan. Urutan kedua yaitu Auliya Hafidzah Tahira dari TPQ Muhammadiyah Purbayan. Pemenang urutan ketiga yaitu Putra Setia Bakti Nusantara dari SD Muhammadiyah Danunegaran.

“Alhamdulillah, saya nggak menyangka kak bisa memenangkan lomba ini. Alhamdulillah berkat doa ayah ibu. Terima kasih kak, Alquran dan hadiahnya,” ujar Shundy Aulia.

Baca Juga: Ponpes Amumarta Jejeran Launching Fida’, Amalan Raja Mataram Islam Sultan Agung

Pada kegiatan tersebut, juga dilanjutkan dengan pentasyarufan puluhan Alquran dari Dompet Dhuafa Jogja untuk para peserta calon hafidz/hafidzah. Harapannya bisa menambah semangat anak-anak untuk terus mempelajari Alquran dan mengajarkannya kelak.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial.

Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *