Menghitung Efek Elektoral Anies Baswedan dengan Bakorsi di Yogyakarta

  • Whatsapp
pengukuhan bakorsi DIY
Pengukuhan bakorsi Anies Baswedan Provinsi DIY. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Forum Komunikasi (Forkom) Jaringan Relawan Anies Baswedan membentuk Badan Koordinasi Saksi atau Bakorsi. Tim pemenangan ini dibentuk dari tingkat pusat hingga desa di seluruh Indonesia.

Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta, jumlah tim Bakorsi yang akan direkrut sebanyak 100 orang di tingkat propvinsi. Kemudian 100 orang di setiap 5 kabupaten dan kota yang ada di DIY, masing-masing 500 orang tim Bakorsi Kabupaten/kota.

Read More

Baca Juga: Anies Baswedan Mengenang Masa Remaja di SMPN 5 Yogyakarta

Admin Forkom Jaringan Relawan Anies Baswedan Miftachun Ni’am mengatakan, pembentukan dilanjutkan di tingkat kecamatan masing-masig 100 orang per kecamatan. Di DIY ada 78 kecamatan, artinya ada 7.800 orang tim Bakorsi Kecamatan,” katanya usai menghadiri pengukuhan Bakorsi DIY di Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Sabtu, 29 Juli 2023.

Dia mengatakan, Bakorsi juga dibentuk di tipa desa atau kelurahan di DIY. “100 orang di setiap 438 desa/kelurahan di propinsi Yogyakarta, yaitu sebanyak 43.800 orang tim Bakorsi Desa/kelurahan. Karena wilayahnya relatif kecil, Program Bakorsi di propinsi Yogykarta harus dilanjutkan hingga level TPS,” jelasnya.

Baca Juga: Partai Ummat DIY Resmikan Rumat, Target Lolos Parlemen dan Anies Baswedan Presiden

Menurut data KPU, jumlah TPS di DIY pada pemilu 2024 sebanyak 11.932 TPS. Bila di setiap level TPS bisa dibentuk 10 orang saja tim Bakorsi, maka akan terdapat 119.320 orang tim Bakorsi tingkat TPS. “Bila target program Bakorsi di DIY terpenuhi maka total akan terdapat 171.520 orang tim Bakorsi,” jelasnya.

“Dan setiap anggota tim Bakorsi diwajibkan kepada anggota keluarganya untuk memilih Anies Baswedan, jumlahnya cukup besar. Ratuhlah rata-rata jumlah anggota keluarga tim Bakorsi ada emapt orang maka akan ada 686.080 orang pemilih pasti,” jelasnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Ikut Ruwatan Kebangsaan NasDem 1 Sura di Parangkusumo Bantul

KPU telah menetapkan jumlah DPT Pemilu 2024 Provinsi DIY sebanyak 2.870.974 orang. Dengan pemilih pasti Anies Baswedan sebanyak 686.080 orang, maka peluang menang terbuka lebar. “Jumlah tersebut belum termasuk dari mesin partai pengusung dan pendukung Anies Baswedan,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *