Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara UPN Veteran Yogyakarta 2023

  • Whatsapp
bela negara UPN Jogja
Mahasiswa baru UPN “Veteran” Yogyakarta melakukan latihan baris-berbaris di Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). (Foto: Istimewa)

BacaJogja – UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) tahun 2023 dalam rangka menyambut mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus UPN “Veteran” Yogyakarta, dimulai dari hari Sabtu (12/08/2023) dan berakhir pada Sabtu (19/08/2023). Pada PKKBN tahun ini, terdapat 5.047 mahasiswa baru yang terbagi menjadi seratus gugus.

Rangkaian kegiatan PKKBN tahun 2023 dibuka dengan sidang senat terbuka pada Sabtu (12/08/2023) dan dilanjutkan dengan pengenalan Organisasi Kampus (OK), seperti BEM KM, DPM KM, BEM Fakultas, DPM Fakultas, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan.

Read More

Pada sidang senat terbuka, Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Mohamad Irhas Effendi mengatakan, “Pelaksanaan PKKBN ini sesuai dengan mandat pendirian UPN “Veteran” Yogyakarta yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2014 tentang pendirian UPN “Veteran” Yogyakarta.

Baca Juga: Dongeng Boneka Tangan, Media Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini

Di dalam pasal 2, dinyatakan bahwa UPN “Veteran” Yogyakarta dalam pelaksanaan tri dharmanya, itu dilandasi nilai bela negara. Maka, penerimaan mahasiswa baru UPN “Veteran” Yogyakarta menegaskan diri sebagai Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara.”

Tahun ini, PKKBN mengusung tema “Menyiapkan Generasi Pionir Pembangunan Berkarakter Bela Negara untuk Menjaga Keberlanjutan NKRI Menuju Indonesia Emas”. I Dewa Ngurah Putra Sanjaya selaku ketua pelaksana PKKBN tahun ini menyampaikan, “Alasan kami mengambil tema ini karena UPNVY merupakan kampus bela negara, sehingga kami berharap melalui PKKBN ini bisa mulai menanamkan rasa bela negara kepada para mahasiswa baru.”

Tak hanya dikenalkan pada lingkup kampus secara umum, mahasiswa baru UPNVY juga mengikuti pengenalan fakultas serta jurusan masing-masing pada Senin (14/08/2023) dan Selasa (15/08/2023). Selain itu, para mahasiswa baru juga berkesempatan untuk melakukan outbound di luar kampus, yaitu di Akademi Angkatan Udara (AAU), Batalyon Infanteri 403 (Yonmek 403), dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Tempat-tempat tersebut dipilih dengan tujuan untuk menanamkan jiwa bela negara kepada mahasiswa baru UPN “Veteran” Yogyakarta.

Baca Juga: Bahagianya Maryono, Mitra Driver yang Anaknya Dapat Beasiswa Pendidikan Gojek Swadaya

Hal tersebut selaras dengan yang dikatakan oleh Dewa. “Selain untuk menanamkan rasa bela negara kepada mahasiswa baru, kegiatan outbound ini juga digunakan untuk mengorelasikan dengan branding UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai kampus bela negara,” ujar Dewa. “Ketiga tempat itu dipilih karena memang dari PKKBN tahun-tahun sebelumnya juga sudah melakukan outbound di tempat tersebut. Jadi, mungkin sudah terjalin hubungan baik antara pihak kampus dengan AAU, Yonmek 403, dan Kopasgat sehingga mempermudah proses koordinasi.”

Pada kegiatan outbound, mahasiswa diajarkan mengenai hal-hal dasar tentang bela negara. Khansa Amelia Rifa, mahasiswa baru UPN “Veteran” Yogyakarta, menjelaskan, “Kebetulan aku outbound-nya di Yonmek 403. Di sana, kami diajari baris-berbaris, diperkenalkan Anoa (kendaraan perang) dan senjata, melewati halang rintang, dan ada games-nya juga.”

Di samping itu, mahasiswa yang melakukan kegiatan outbound di AAU, Anindya Aurellia Salma juga menceritakan, “Agak kaget sih karena sebelumnya belum pernah ikut kegiatan semi militer. Tapi seru banget karena diajarin baris-berbaris dan ada games-nya juga. Jadinya enggak ngebosenin.” Kegiatan outbound di Kopasgat juga tidak kalah seru dengan di AAU dan Yonmek 403.

Baca Juga: Musyda PDM Muhammadiyah Kota Yogyakarta Soroti Isu Penting Pendidikan

“Kegiatan paling seru selama PKKBN itu waktu outbound di Kopasgat. Dibuka dengan upacara, terus dilanjut dengan latihan baris-berbaris, memanjat jaring, bermain lempar pisau, dan ada beberapa games juga,” jelas Dimas, mahasiswa baru Jurusan Akuntansi.

Selain outbound, para mahasiswa baru juga diberikan kegiatan inbound berupa penyampaian materi dari dosen UPN “Veteran” Yogyakarta. “Waktu kegiatan inbound, kami diberikan materi oleh dosen mengenai bela negara, pencegahan kekerasan seksual dan bullying, sejarah UPN “Veteran” Yogyakarta, serta teknis perkuliahan di kampus kita” kata Arizal Maulana, mahasiswa baru dari Program Studi Hubungan Internasional. “Seru, sih. Kita jadi tau lebih dalam tentang dunia perkuliahan dari kegiatan inbound ini,” imbuhnya.

Baca Juga: Cara Agar Peringkat Pendidikan Indonesia Tak Jeblok

Sabtu (19/12/2023) adalah hari terakhir pada rangkaian kegiatan PKKBN UPN “Veteran” Yogyakarta tahun 2023 diisi oleh kegiatan UKM Expo dan Talkshow dari alumni dan mahasiswa berprestasi. Pada UKM Expo, menampilkan 24 Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di UPN “Veteran” Yogyakarta, hal ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru kepada UKM-UKM yang ada di UPN “Veteran” Yogyakarta.

Sehingga diharapkan, para mahasiswa baru bisa mengembangkan minat dan bakatnya melalui UKM yang ada di UPN “Veteran” Yogyakarta. Rangkaian kegiatan PKKBN UPN “Veteran” Yogyakarta, ditutup dengan penampilan bintang tamu J-Rocks. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *