Sikap Resmi PKS soal NasDem dan PKB Deklarasi Anies-Cak Imin

  • Whatsapp
PKS
Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam konferensi pers menyikapi situasi terkini di Koalisi Perubahan, bertempat di Kantor DPTP PKS di Jakarta, Sabtu, 2 September 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengeluarkan pernyataan resmi perihal keputusan Partai NasDem dan PKB mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai Capres dan Cawapres dalam Pilpres 2024.

Deklarasi Amin atau Anies-Cak Imin ini digelar di Surabaya, Sabtu, 2 September 2023. PKS tidak hadir dalam deklarasi itu, namun menyaksikan secara live virtual.

Read More

Baca Juga: Ribuan Massa GPK Jawa Tengah Deklarasi Dukung Anies Baswedan di Semarang

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyampaikan rasa hormat atas deklarasi Anies-Cak Imin ini. “Kami menghormati keputusan Partai Nasdem dan PKB yang telah mendeklarasikan pasangan Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden RI dengan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Bakal Calon Wakil Presiden RI yang akan maju pada Pilpres tahun 2024,” ucapnya dalam konferensi pers menyikapi situasi terkini di Koalisi Perubahan, bertempat di Kantor DPTP PKS di Jakarta, Sabtu, 2 September 2023.

Baca Juga: Presiden PKS Ahmad Syaikhu Temui Kader dan Relawan Anies Baswedan di Yogyakarta

Dia menegaskan, meski PKS tidak hadir dalam acara deklarasi tersebut, PKS sampai saat ini tetap mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden RI. Hal itu sesuai dengan amanat Musyawarah Majelis Syura PKS.

Ahmad Syaikhu mengungkapkan, sesuai Pasal 16 Anggaran Dasar PKS ayat (2) huruf (i) yang menyatakan bahwa kewenangan untuk menetapkan kebijakan Partai berkenaan dengan Pemilihan Presiden dan/atau Wakil Presiden RI adalah Majelis Syura sebagai majelis permusyawaratan tertinggi Partai yang keanggotaannya terdiri dari perwakilan anggota PKS seluruh Indonesia.

“Musyawarah Majelis Syura (MMS) ke-VIII telah menetapkan Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai Bacapres yang diusung oleh PKS,” tutur Syaikhu,” tegasnya.

Baca Juga: Pekerja Kreatif Yogyakarta Deklarasi Dukung Gus Muhaimin Capres 2024

Terkait dengan keluarnya Partai Demokrat dalam Koalisi Perubahan, Syaikhu mengatakan PKS menghormati keputusan tersebut. “Kami memahami dan menghormati keputusan Partai Demokrat yang keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan mencabut dukungan terhadap Pencalonan Bapak Anies Rasyid Baswedan,” kata Syaikhu.

Dia pun berharap Partai Demokrat tetap berada dalam Koalisi Perubahan. “Sesungguhnya kami sangat berharap Partai Demokrat tetap berada dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan mengusung Bapak Anies Baswedan sebagai Bacapres RI,” pungkasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *