Daftar Juara MONACO SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta 2023

  • Whatsapp
Monaco 2023
Penyerahan piala kepada juara pada event MONACO 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Moehi National Competition (MONACO) ke-8 tahun 2023 ditutup, Minggu, 10 September 2023. Event tahunan yang digelar SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta ini diikuti 1.645 siswa SMP/SMA sederajat seluruh Indonesia dengan mempertandingkan 17 cabang lomba.

Adapun para juaranya sebagai berikut:
– MTs Muhammadiyah Bambanglipuro Bantul memboyong piala Kemendibudristek
– Pondok Modern Sabiilurrosyad Muhammadiyah berhasil memboyong piala dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
– Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga diraih SMP MBS Zam Zam Cilongok.

Read More

Khansa Tabita Putri peraih juara 1 lomba Tapak Suci, merasa sangat senang dan bersyukur dapat menjadi bagian dari peserta MONACO. Sehingga ia mendapat teman baru, pengalaman, serta motivasi untuk berkompetisi lebih baik.

Baca Juga: Dongeng Boneka Tangan, Media Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Herynugroho, mengatakan Kompetisi MONACO 2023 yang sangat ketat ini sangat bermanfaat bagi pelajar. Mengutip pernyataan Craig Dike, ahli psikolog klinis di Doctor on Demand San Francisco USA, kompetisi dapat mendorong segala spesies untuk bisa bertahan hidup.

Kondisi ini mampu mendorong evolusi secara biologis dan psikologis. Kompetisi sangat diperlukan di dalam hidup agar terus maju ke depan menciptakan berbagai inovasi menakjubkan. “Kompetisi juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan produktivitas dalam belajar. Terakhir, kompetisi juga melatih kita untuk memiliki jiwa sportivitas dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi,” papar Herynugroho.

Baca Juga: Musyda PDM Muhammadiyah Kota Yogyakarta Soroti Isu Penting Pendidikan

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai barometer sekolah Muhammadiyah di Indonesia terus berinovasi dalam layanan jasa pendidikan. Saat ini sekolah dengan julukan Muhi tersebut memiliki program unggulan pembelajaran Bahasa Inggris bersama Teachcast With Oxford US.

“Juga bekerjasama dengan ACT Educations Solutions Limited (ACT) International untuk melaksanakan program Global Assessment Certificate (GAC). Prestasi SMA Muhi terbaru adalah 195 lulusan SMA Muhi lolos PTN 2023, satu peserta didik mendapatkan medali perak OSN Matematika 2023 tingkat nasional, dan 15 guru lolos menjadi calon guru penggerak 2023” katanya.

Baca Juga: Cara Agar Peringkat Pendidikan Indonesia Tak Jeblok

Acara MONACO 2023 ini secara resmi ditutup Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah PP Muhammadiyah Kasiyarno. Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada Muhi karena berhasil menyelenggarakan kegiatan ini. MONACO SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah menjadi event nasional dan telah berlangsung selama 8 tahun berturut-turut dengan peserta dari seluruh Indonesia.

“Ini adalah event yang unik, kreatif, bermutu, dan inovatif, bisa menjadi ajang ta’aruf dan silaturahmi pelajar. MONACO juga bisa meningkatkan mutu life skill yang sangat bermanfaat saat generasi muda terjun di masyarakat nantinya,” katanya.

Rangkaian penutupan ini dimulai dengan penampilan band SMA Muhi pada pukul 15.30 WIB di Grha As-Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Tahun ini MONACO mengangkat tema bertema “An Adventure Beyond the Horizon”.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *