UKM Seni UPN Veteran Yogyakarta Gelar Pentas Perayaan Dies Natalis ke-29

  • Whatsapp
Dies Natalis UPN Veteran
Penampilan dari Subunit Tari pada Dies Natalis UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar pentas untuk merayakan hari jadinya yang ke-29, pada Minggu, 29 Oktober 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Auditorium W. R. Supratman, UPN “Veteran” Yogyakarta, mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Virtus Ars dipilih sebagai tema Dies Natalis tahun 2023 ini. Tema Virtus Ars atau yang berarti “kekuatan seni” menggambarkan bagaimana seni memiliki kemampuan untuk mengubah, mempengaruhi, dan memperkaya kehidupan manusia dalam berbagai aspek.

Read More

Baca Juga: Daftar 10 Pentas Seni Jathilan di Yogyakarta Minggu, 19 Juni 2022

Aulia, selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut, menyatakan bahwa, “Dengan dipilihnya tema ini, kami berharap bahwa khalayak itu menjadi tau, kalau seni itu bukan hanya bercandaan atau mainan. Tetapi seni juga bisa memberikan dampak ke masyarakat”.

Pementasan ini menyajikan hasil kolaborasi dari tujuh subunit yang ada di UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta, yakni Subunit Teater, Karawitan, Tari, Vocal Group, Band, Fotografi, dan Desain Grafis. Subunit Band dan Subunit Karawitan bertugas untuk mengiringi lagu pada saat penampilan dari Subunit tari dan sebagai musik selingan ketika penampilan teater.

Baca Juga: Jadwal Pentas Paket Wisata Srimanganti Keraton Yogyakarta Juni 2023 dan Harga Tiket

Selain itu, Subunit Fotografi dan Desain Grafis juga turut memamerkan karya-karyanya. Untuk bisa menampilkan pementasan tersebut, membutuhkan waktu selama 4 bulan untuk melaksanakan latihan.

Pementasan yang ditampilkan berjudul “Senandung dari Desa” yang menceritakan mengenai seorang gadis yang bernama Rere. Dia bercita-cita menjadi seorang penyanyi tetapi tidak direstui oleh orang tuanya. Kemudian, gadis tersebut memutuskan untuk pergi dari rumahnya.

Baca Juga: Wayang Wisata Istimewa, Kreasi Seni Wayang dan Multi Media di Kulon Progo

Ketika dalam perjalanan, Rere bertemu dengan teman-teman baru yang mana mereka tergabung dalam sebuah sanggar seni. Lalu, Rere diajak untuk bergabung ke dalam sanggar tersebut. Pada suatu hari, terdapat kompetisi menyanyi dan Rere pun mengikutinya. Tak disangka, karena kegigihan Rere dalam berlatih vokal di sanggar, Rere berhasil memenangkan kompetisi tersebut dan menjadi artis terkenal.

Acara ini berlangsung cukup meriah karena dihadiri oleh lebih dari 280 orang penonton. Kegiatan Dies Natalis UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta ini juga menyediakan challenge yang bisa diikuti oleh para pengunjung dan bagi pengunjung yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik.

Baca Juga: Padukuhan di Bantul Ini Konon Cikal Bakal Lahirnya Kesenian Srandul

“Awalnya kita enggak nyangka kalau acaranya bakal sekeren ini,” kata Rida, salah satu tamu undangan Dies Natalis UKM Seni. “Bahkan tadi pas nonton, kita kagum banget sama penampilannya,” imbuh Cindy. Rida berharap, “Semoga UKM Seni semakin solid dan bisa menghasilkan karya-karya lain yang luar biasa.”

Sebagai Ketua UKM Seni UPN “Veteran” Yogyakarta, Fakhry Joniyanto mengatakan, “Dengan adanya acara ini, saya berharap bisa meningkatkan solidaritas, baik solidaritas antaranggota UKM Seni maupun solidaritas antara UKM Seni dengan UKM-UKM eksternal. Selain itu, acara ini juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk memamerkan karya yang luar biasa dari UKM Seni berupa penampilan kolaborasi dari tujuh subunit”. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *