Polres Kulon Progo Laksanakan Kegiatan Polri dan Kemenko PMK Tanam 10 Juta Pohon

  • Whatsapp
penanamn pohon
Seremoni penanaman berlangsung di Kompleks Stadion Cangkring Kulon Progo. (Foto: Polres Kulon Progo)

BacaJogja – Polres Kulon Progo bersama Pemkab secara simbolis melakukan penamanan pohon di Kompleks Stadion Cangkring, Rabu, 15 November 2023. Kegiatan ini merupakan gelaran Polri dan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tentang penanaman 10 juta pohon secara serentak.

Seremoni penanaman berlangsung di Kompleks Stadion Cangkring dipimpin oleh PJ Bupati Kulon Progo yang diawali dengan penyerahan bibit tanaman kepada Kabid Disdikpora Kabupaten Kulon Progo, Relawan Tagana Kalurahan Bendungan, Penyerahan kepada perwakilan Polsek Jajaran dan dilanjutkan dengan penanaman bibit oleh Forkopimda dan PJ Ketua Bhayangkari Cabang Kulon Progo.

Read More

Baca Juga: Basarnas Yogyakarta Gelar Aksi Penanaman Mangrove di Pasir Kadilangu Kulon Progo

Sementara itu Pj Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti sangat mengapresiasi kegiatan penanaman 10 Juta Pohon ini. “Gerakan penanaman pohon ini sejalan dengan apa yang pihaknya lakukan. Seperti memperbanyak zona hijau serta menjaga air tanah agar tetap tersedia,” katanya.

“Kompleks Stadion Cangkring dipilih menjadi lokasi penanaman agar kawasan tersebut nantinya menjadi lebih rindang,” imbuhnya.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program Penanaman 10 Juta Pohon yang dilakukan oleh Polri bersama Kemenko PMK.

Baca Juga: Hutan Keistimewaan Pohon Nangka Gunungkidul, Pemasok Bahan Gudeg dan Gamelan

Dia mengatakan, ada beberapa jenis pohon yang ditanam di Kulon Progo. Jumlah bibit yang ditanam bervariasi, antara lain 1.800 bibit pohon sengon, 400 bibit pohon pucuk merah dan 200 pohon nangka, 100 bibit pohon sirsat dan 100 bibit pohon Alpukat.

Dia mengatakan, pohon-pohon tersebut ditanam di sekitar polsek di jajaran Kulon Progo. “Pohon-pohon ini kami tanam serentak di seluruh wilayah Kulon Progo,” kata AKBP Nunuk.

Sementara itu, dalam seremoni penanaman pohon di Stadion Cangkring dihadiri sejumlah pejabat. Selain PJ bupati dan kapolres, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Ponimin Budi Hartono, Ketua Pengadilan Negeri Jeni Nugraha Djulis, Kepala Kejaksaan Negeri Ardi Suryanto, Dandim 0731 Letkol Arh Viki Herwandi, Dansatradar 215 congot Letkol Lek Bayu Ardiansyah. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *