Anies Baswedan Ziarah Makam Ayah di UII Yogyakarta, Ingat Pesan Jangan Takut Berjuang

  • Whatsapp
anies ziarah
Anies Baswedan bersama keluarga melakukan ziarah di makam ayah, Rasyid Baswedan di Pemakaman UII Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Mengawali tahun 2024, capres nomor urut 01 Anies Baswedan melakukan ziarah ke makam ayahnya, Rasyid Baswedan, di Makam Universitas Islam Indonesia (UII), Jalan Kaliurang Km. 14,5, Yogyakarya, Senin, 1 Januari 2024.

Hujan rintik sempat mengguyur kedatangan Anies Baswedan di lokasi pemakaman. Anies datang bersama keluarga, ada istri dan anak-anaknya, juga ibunda, Aliyah Baswedan.

Read More

Baca Juga: Anies Baswedan Dialog dengan Komunitas Disabilitas dan Laskar Santri di Mlangi Yogyakarta

Capres Koalisi Perubahan ini masih ingat pesan terakhir ayah sebelum berpulang. Bagi Anies, pesan tersebut sangat relevan dengan amanah besar yang sedang diembannya sebagai calon pemimpin bangsa yakni membawa perubahan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Anies masih ingat pesan tersebut disampikan pada diskusi di rumah pada malam-malam terakhir sekitar September 10 tahun yang lalu.

Baca Juga: Wakanda No More, Indonesia Forever, Ucapan Anies Baswedan Viral, Ternyata Ini Artinya

“Saya ingat di bulan September 2013, pesan terakhir ayahanda, kalau mau hidup nyaman di rumah saja, tidak usah mengikuti macam-macam. Tapi kalau mau terlibat di masyarakat, jangan pernah khawatir dengan apa yang dikatakan orang,” jelas Anies.

Ibunda Anies, Aliyah Baswedan mengungkapkan, Rasyid Baswedan memang memberikan tersebut kepada Anies. “Bapak waktu itu sedang sakit, beliau berpesan kalau mau berjuang jangan takut dengan kata orang,” ungkapnya.

Aliyah turut mengenang suaminya. Selama berkarir di UII Yogyakarta, Rasyid Baswedan selalu menjadi dosen teladan.

Baca Juga: Komandan SAR DIY Brotoseno Kerahkan Ribuan Anggotanya Jadi Relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Rasyid Baswedan berkarir sebagai akademisi selama 36 tahun tahun di UII Yogyakarta. Pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor II UII 1990-1994, Dekan FE UII 1978-1980, dan Dosen FE UII 1967-2003.

Rasyid lahir di Kudus pada 21 September 1934 dan wafat di Yogyakarta pada 13 September 2013. Rasyid Baswedan termasuk salah satu sosok yang dimakamkan pertama di Makam UII Yogyakarta ini. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *