Wakanda No More, Indonesia Forever, Ucapan Anies Baswedan Viral, Ternyata Ini Artinya

  • Whatsapp
Anies wakanda no more indonesia forever
Istillah yang diucapkan Anies Baswedan viral, Wakanda No More, Indonesia Forever. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Kalimat “Wakanda no more, Indonesia forever” mendadak viral setelah calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan melontarkan kalimat ini dalam sesi penutup Debat Capres 2024 yang digelar pada Selasa, 12 Desember 2023 malam.

Usai debat capres perdana ini, kalimat “Wakanda no more, Indonesia forever” berseliweran di media sosial maupun pesan berantai WhatsApp. Banyak pula kalimat tersebut dalam desain kaos, spanduk, banner.

Read More

Baca Juga: Komandan SAR DIY Brotoseno Kerahkan Ribuan Anggotanya Jadi Relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Dalam Debat Capres 2024 itu, capres usungan Koalisi Perubahan ini menyampaikan pesan untuk para generasi muda dan mengimbau mereka agar bisa memilih pemimpin yang serius. “Ketika kita bicara tentang masa depan, maka saya sampaikan bahwa kebebasan berpendapat dijamin, kita tidak diizinkan (menjadi) orang takut. Maka dari itu, saya sampaikan, ‘Wakanda no more, Indonesia forever”.

Dikutip dari Kumparan, Istilah “Wakanda no more, Indonesia forever” yang diucapkan oleh Anies tersebut kemudian menjadi populer di media sosial. Untuk mengetahui artinya, simak penjelasan berikut ini. Wakanda No More Artinya Apa?

Baca Juga: Gagasan Anies Baswedan Mensukseskan Indonesia Emas 2045

Kata Wakanda berasal dari film Marvel berjudul Black Panther. Kata Wakanda berasal dari film Marvel berjudul Black Panther. Foto: Black Panther: Wakanda Forever.

Secara harfiah, Wakanda no more artinya dalam bahasa Indonesia adalah “tidak ada lagi Wakanda”. Kata “Wakanda” ini berasal dari sebuah film besutan Marvel yang berjudul “Black Panther”.

Mengutip laman Dictionary.com, Wakanda adalah sebuah negeri fantasi dalam film Marvel yang menjadi tanah kelahiran bagi superhero dengan julukan “Black Panther”.

Baca Juga: Konsep City Collaborative ala Anies Baswedan Bawa Sukses DKI Jakarta

Wakanda digambarkan sebagai tempat di mana penduduknya sangat menghargai budaya, tetapi kotanya juga sangat maju secara teknologi. Warganet di Indonesia kemudian mengadopsi kata ini sebagai ekspresi sehari-hari.

Dalam penggunaan sehari-hari, kata “Wakanda” adalah sebutan lain dari nama negara Indonesia. Istilah ini banyak ditemukan dalam caption dan kolom komentar di berbagai platform media sosial.

Umumnya, kata “Wakanda” digunakan oleh masyarakat Tanah Air untuk mengekspresikan kekecewaan terhadap kebijakan pemerintah atau perilaku sesama warganya.

Baca Juga: Marsekal Madya TNI (Purn) Syaugi Alaydrus Jadi Timnas AMIN, Ini Kata Anies Baswedan

Sebagai contoh, seorang pengguna Twitter membuat cuitan, “Hanya di negari Wakanda, orang yang salah asal cantik atau tampan pasti selalu dibela.”

Pada intinya, “Wakanda” berfungsi sebagai sebuah ungkapan atau komentar terhadap segala sesuatu yang memiliki stigma negatif di dalam negeri.

Penggunaan istilah ini menjadi cara bagi warga Indonesia untuk mengekspresikan kekecewaan atau mengkritik berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat dan tata kelola negara.

Baca Juga: 7.414 RT di Sleman Yogyakarta Sudah Ada Relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Jadi, dengan Anies menyebut “Wakanda no more, Indonesia forever” artinya adalah tidak ada lagi sebutan untuk Wakanda, tetapi hanya Indonesia selamanya.

Kata-kata tersebut merujuk pada pesan Anies bahwa di masa depan (dengan makna tersirat untuk memilihnya sebagai presiden), setiap orang memiliki kebebasan berpendapat sehingga tidak perlu lagi merasa takut. Sebab, di masa depan tidak ada lagi “Wakanda”, tapi hanya “Indonesia”. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *