Daop 6 Yoyakarta Turut Sukseskan Tanam Satu Juta Pohon

  • Whatsapp
tanam pohon
Daop 6 Yoyakarta turut mensukseskan penanaman satu juta pohon. (Foto; Istimewa)

BacaJogja – Daop 6 Yogyakarta turut menyukseskan program Hari Gerakan Satu Juta Pohon dengan melakukan penanaman pohon di Kantor Pusat Pengendali Operasi KA (Pusdalopka), pada Rabu 10 Januari 2024.

Aksi penghijauan tersebut secara seremonial dilaksanakan oleh EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo beserta jajaran Manajemen Daop 6 dan merupakan salah satu bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perusahaan melalui program KAI Go Green.

Read More

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan, pohon yang ditanam kali ini berjenis pohon keras seperti Tabebuya sebanyak 5 batang, Mangga 5 batang, dan Jambu Jamaika 5 batang. Dengan aksi penanaman pohon di perkantoran ini merupakan langkah awal dan menunjukkan komitmen perusahaan dalam rangka menyukseskan program penghijauan yang dicanangkan pemerintah.

Baca Juga: Polres Kulon Progo Laksanakan Kegiatan Polri dan Kemenko PMK Tanam 10 Juta Pohon

“Ke depannya, Daop 6 Yogyakarta akan terus melanjutkan penanaman pohon baik di perkantoran, stasiun, maupun lingkungan sekitar wilayah bisnis perusahaab melalui program TJSL KAI Go Green,” katanya dalam siaran pers, Rabu, 10 Januari 2024.

Melalui program TJSL KAI Go Green, Daop 6 juga berkomitmen mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman baik bagi intdrnal maupun utamanya bagi pelanggan.

Program penanaman pohon oleh Daop 6 bukan sekadar tindakan pelestarian lingkungan, tetapi juga sebuah investasi untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Program ini tidak hanya menanam pohon, tetapi juga menanam harapan untuk generasi mendatang.

Baca Juga: Partai Gelora Tanam 10 Juta Pohon Serentak di 34 Provinsi

Di awal 2024 ini, KAI secara serentak memulai tahun dengan penanaman pohon termasuk di wilayah Daop 6 untuk menunjukkan bahwa KAI tidak hanya mencari keuntungan melalui operasional kereta api, tetapi juga menjalankan ESG yang menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Langkah penghijauan di stasiun juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Dengan semakin banyak stasiun yang asri dan indah maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api.

Krisbiyantoro mengatakan, di samping itu, Daop 6 hingga saat ini juga telah melakukan penanaman rumput vetiver atau akar wangi di wilayah Daop 6 sebanyak 5.100 batang sebagai upaya mengamankan jalur kereta api dari bahaya longsor dan banjir yang membahayakan perjalanan kereta api.

Baca Juga: BRI Menanam 2023, Cabang Wates Salurkan Ribuan Bibit Pohon Buah di Kulon Progo

Beberapa wilayah yang ditanami rumput vetiver diantaranya wilayah Jenar 500 batang, Wojo 500 batang, Wates 500 batang, Yogyakarta 500 batang, Brambanan 500 batang, Delanggu 500 batang, Wonogiri 500 batang, Sumberlawang 600 batang, Palur 500 batang, Sragen 500 batang.

Ke depan, KAI memiliki rencana jangka panjang untuk menanam satu juta pohon hingga tahun 2041. Langkah ini menunjukkan komitmen KAI dalam menjaga keberlanjutan program penanaman pohon dan kontribusinya terhadap pelestarian lingkungan.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *