Anies Baswedan Temui Sri Sultan HB X Bahas Cara Merawat Kebhinnekaan

  • Whatsapp
sultan dan anies
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu, 24 Januari 2024. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu, 24 Januari 2024. Kedua tokoh ini membahas banyak hal tentang bernegara dan berbangsa serta lebih spesifik merawat kebhinekaan.

Anies Baswedan mengatakan, dirinya mendapatkan amanah mengikuti proses konstelasi pemilihan presiden. Untuk itu, dirinya datang menemui Sri Sultan untuk memohon doa restu, sekaligus juga bimbingan dari Sri Sultan.

Read More

“Tadi ngobrolnya agak panjang, untuk mendengar banyak hal dari Sri Sultan. Dan kami sendiri merasakan betul, jika Jogja ini sebagai sebuah melting pot dalam menjaga kebhinekaan, kira-kira seperti gado-gadonya Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Membedah Pemikiran Cak Nur dan Paramadina Research Day 2023

Anies pun mengaku tidak ada pembicaraan secara khusus dengan Sri Sultan selama pertemuan yang berlangsung hampir 2 jam ini. Namun menurutnya memang sempat ada pembicaraan tentang bagaimana kemajuan di Jogja yang selama ini terjadi.

“Dan kami sampaikan bahwa kita ingin kawasan selatan Jogja itu kita seriusi pengembangannya dengan dukungan pemerintah pusat. Supaya kawasan selatan Jogja ini maju berkembang dan menjadi salah satu penggerak perekonomian, pusat kebudayaan, dan penghidupan,” imbuhnya.

Sultan mengaku pertemuan lebih banyak dialog. “Saya enggak punya pesan-pesan, karena saya juga enggak perlu apa-apa. Jadi saya sekedar mengingatkan, tapi sambil kita berdialog, apa yang mestinya harus dijaga. Ya seperti tadi, (kami) bahas kebhinnekaan, menyangkut dominasi, bagaimana ya pemimpin itu (seharusnya),” ungkapnya.

Baca Juga: Dari Seniman, Akademisi, hingga Aktivis di Yogyakarta Deklarasi Dukung AMIN

Raja Keraton Yogyakarta ini memaparkan harapannya terhadap pemimpin Indonesia di masa depan. Menurut Sri Sultan seorang pemimpin harus bisa mengibarkan semua ‘bendera’. Bahkan meskipun berasal dari satu ‘bendera’, pemimpin yang baik ialah yang tidak merasa berkuasa. Karena bagi sri Sultan kekuasaan adalah hal yang seharusya diabdikan untuk semua rakyat tanpa membedakan.

“Karena sekecil apapun ‘bendera’ itu diangkat, tetap itu juga pemilihnya, bagian dari anak Republik Indonesia sendiri, jangan dipinggirkan, harus didengar juga sekecil apapun ‘bendera’ itu karena yang milih juga rakyat Indonesia. Kita jangan maunya yang berkibar benderanya sendiri. Ini pendapat saya,” kata Ngarsa Dalem, sapaan lain Sri Sultan.

Baca Juga: Padukuhan di Bambanglipuro Bantul Dikukuhkan sebagai Kampung Pancasila

Sri Sultan menegaskan siapa pun pilihannya pada Pemilu 2024 mendatang, hal itu adalah hak pribadi tiap individu. Dia bahkan mengaku tidak mengetahui pilihan istri dan anak-anaknya setiap pemilu berlangsung, begitu juga sebaliknya.

“Saya ini sama istri, sama anak pun tidak pernah saya arahkan kok. Karena dia punya hak sendiri secara asasi untuk menentukan pilihan. Terserah saja, nyoblos silahkan, enggak silahkan, itu urusan dia. Karena bagi saya itu haknya individu-individu, biarpun itu istri dan anak,” jelas Ngarsa Dalem. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *