Cara Mudah Mengetahui Kelayakan Bus Pariwisata untuk Study Tour

  • Whatsapp
uji kelaikan bus pariwisata
Ilustrasi uji kelaikan bus pariwisata. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Kecelakaan maut terjadi di jalan Jalan Raya Kampung Palasari, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat melibatkan bus rombongan pariwisata dan kendaraan lain, Sabtu (11/5) malam.

Bus Pariwisata Trans Putera Fajar yang membawa rombongan siswa pelajar SMK Lingga Kencana Depok berpelat nomor polisi (nopol) AD 7524 OG terguling di kawasan wisata Jalan Ciater. Para siswa ini sedang mengikuti study tour.

Read More

Baca Juga: Kecelakaan Maut 11 Orang Tewas di Ciater Subang, Jasa Raharja Pastikan Beri Santunan

Pasca-kejadian itu, aktivitas study tour menjadi pembahasan di timgkat nasional. Bahkan beberapa daerah mengusulkan agar kegiatan study tour ditiadakan.

Terlepas polemik tentang study tour, salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah kelayakan dari armada yang akan digunakan rombongan pelajar untuk study tour tersebut.

Terkait hal ini, Polda DIY melalui akun Twitter (X) memberikan langkah cepat untuk mengetahui apakah armada yang digunakan memenuhi kelayakan atau tidak.

Baca Juga: Identitas 11 Korban Tewas dan Kronologi Kecelakaan Maut di Ciater Subang

Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan:

1. Catat Nomor Polisinya
2. Buka website https://spionam.dephub.go.id
3. Scroll ke bawah ke bagian “Cek Kendaraan”
4. Masukkan Nomor Polisi yang dicatat tadi, dan tekan “Cari”

Setelah itu akan muncul keterangan bahwa armada tersebit laik jalan atau tidak. Begitulah langkah mudah untuk keselamatan dan keamanan di perjalanan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *