Upacara Kemerdekaan RI dan Peluncuran Semangat Optimis Lawan Corona di Bantul

  • Whatsapp
Solid Bantul
Usai Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Paseban Bantul diluncurkan program Semangat Optimis Lawan Corona atau SOLID. (Foto: Pemkab Bantul)

Bantul – Upacara Bendera Peringatan ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Bantul digelar secara terbatas di Lapangan Paseban Bantul, Selasa, 17 Agustus 2021. Usai upacara dilanjutkan dengan acara peluncuran SOLID atau Semangat Optimis Lawan Covid-19 yang diinisiasi oleh Polres Bantul.⁣

Upacara hanya diikuti peserta sebanyak 40 orang perwakilan dari TNI/Polri dan ASN dengan 10 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka karena masih dalam Pandemi Covid-19. Bupati Abdul Halim Muslih bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara ini.

Read More

Baca Juga: Tingkat Kematian Pasien Corona di Yogyakarta Turun 50 Persen

Bupati membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan, peringatan ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI dengan tema, Indonesia-Tanguh, Indonesia-Tumbuh ini, meski beda ruang dan waktu, dirasakan ada kesamaan situasi, sama -sama di saat chaos, yang serba kacau.

“Saat Proklamasi 1945, kita masih di bawah kekuasaan Dai Nippon, dan bayang- bayang kembalinya kolonialis Belanda. Situasi kekacauan yang sama, kini juga sangat terasakan kehadirannya. Meski beda wujudnya,” ucapnya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Oksigen Gratis untuk Pasien Corona dari Pemkab Bantul

Saat ini berada dalam cengkeraman covid-19 yang telah menyebar menjadi pandemi global. Setiap chaos hendaknya jangan dipandang sebagai negative chaos. Melainkan sebuah positive chaos yang membuka peluang kemajuan.

“Tanggal 17 Agustus 2021 hari ini, bertepatan pemberlakuan kebijakan PPKM yang baru, Gubernur berharap, dengan langkah-langkah pengetatan yang selama ini telah dilakukan bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat, DIY sebagai kesatuan aglomerasi dapat menunjukkan tren yang terus membaik,” katanya. ⁣

Baca Juga: Rumah Penyintas Corona di Bambanglipuro Bantul Dipasangi Stiker

Usai upacara, Bupati Bantul mengapresiasi dilaunchingnya Program SOLID oleh Polres Bantul. Harapannya program ini mampu membangkitkan semangat bersama melawan dan menangani Covid-19 di Bantul lebih baik lagi.

Abdul Halim mengatakan minggu-minggu ini telah terjadi penurunan kasus Covid-19 dan tingkat kesembuhan yang sangat signifikan di Bantul. “Alhamdulillah. Ini merupakan kerja keras semua, saya juga apresiasi jajaran TNI/Polri yang telah banyak membantu menangani Covid-19 di Bantul,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *