Dompet Berbahan Pelepah Pisang Anti Pencurian Karya Mahasiswa UNY

  • Whatsapp
dompet dompi
Dompi, dompet dari bahan pelepah pisang karta maahaiswa UNY. (Foto: Dok. UNY)

Yogyakarta – Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta membuat dompet yang dilengkapi dengan sistem pengaman yang akan memberi informasi kepada pemilik apabila dompet tersebut terpisah lebih dari 10 meter dari pemiliknya. Uniknya, dompet yang diberi nama Dompi ini terbuat dari serat pelepah pisang yang diberi motif huruf Jawa.

Karya ini berhasil meraih dana Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2021.

Read More

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Yogyakarta Punya Gerobak Listrik untuk Pelaku UMKM

Mereka adalah Asni Muslimah prodi Pendidikan Teknik Busana, Annisa Nurfatimah Febrianti prodi Pendidikan Akutansi, Annisa Alimah Ufairoh prodi Pendidikan Fisika, Latifah Nur Khasanah prodi Pendidikan Kimia dan Atiqotul Maula Al Farihah dari Pendidikan Sosiologi.

Asni Muslimah mengatakan, pelepah pisang selama ini hanya menjadi limbah dan mengotori lingkungan. Padahal bisa dimanfaatkan untuk membuat dompet, seperti yang dibuatnya ini. Untuk menambah minat masyarakat, dompet diberi corak huruf aksara Jawa sekaligus memperkenalkan budaya bangsa dan meningkatkan pengetahuan akan aksara Jawa.

dompet dompi
Pelepah pisang diolah menjadi bahan dompet Dompi karya mahasiswa UNY. (Foto: Dok. UNY)

Annisa Nurfatimah Febrianti menambahkan selain motif aksara Jawa, mereka juga menambahkan motif sains untuk menarik perhatian para saintis. Tujuannya memberi edukasi terhadap masyarakat, serta menambah nilai keunikan dari dompet yang diinovasikan.

Bahan yang Dibutuhkan dan Cara Pembuatan

Dia mengatakan teknologi yang digunakan didesain dengan module bluetooth yang bisa disebut sensor jarak. “Kami pilih nama dompet pintar atau disingkat Dompi agar akrab di telinga masyarakat,” katanya, Sabtu, 15  Januari 2022.

Produk ini dibuat sebagai usaha kreatif pelestarian budaya dan usaha mengangkat budaya lokal. Bahan yang diperlukan yaitu Module Bluetooth HC-05, Arduino UNO, PCB, kabel penghubung, kapasitor, buzzer, resistor, baterai lithium, timah soldier, pin charger dan push button.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Ciptakan Teh Daun Krokot dan Stevia, Obat Pereda Nyeri Haid

Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah solder, Software IDEA, Aplikasi Arduino dan Bluetooth Simple. Cara merakitnya, bahan dirangkai pada PCB kemudian mengatur kode pemrograman pada aplikasi IDEA dan membungkus sensor dengan kotak agar aman dan terlihat rapi.

Sensor yang terdapat pada dompet akan menginformasikan apabila terpisah sejauh 10 meter dari gawai pemiliknya dengan berbunyi seperti sirene. Sensor ini terkoneksi dengan gawai melalui bluetooth dan pemilik tinggal melacak keberadaan dompetnya melalui gawai.

Baca Juga: Layanan Siabah, Inovasi Rupbasan Wates Antar Benda Sitaan Negara ke Pemilik

Latifah Nur Khasanah menjelaskan, pembuatan dompet menggunakan pelepah pisang melalui beberapa tahap. Batang pisang yang sudah ditebang, direbahkan, dipotong 2 meter atau 1 meter atau sesuai selera, tetapi sebaiknya sama panjangnya dan tidak terlaliu pendek untuk memudahkan penjemuran dan penyimpanan sebagai stok.

Setelah pelepah pisang kering disetrika agar halus, rata, dan rapi serta disimpan dengan cara digulung, ditumpuk ataupun digantung. Untuk memproses batang pisang basah yang baru ditebang sampai menjadi bahan baku siap pakai dibutuhkan waktu 1 minggu hingga pelepah pisang benar-benar kering.

Pengeringan yang tergesa-gesa dengan menggunakan sinar matahari penuh, justru membuat gedebog pisang menjadi getas, gampang robek, rapuh atau berwarna kusam. Selanjutnya disimpan di tempat yang kering atau tidak lembab supaya gedebog tidak berjamur.

Baca Juga: Mi Jahat Berbahan Dasar Jagung di Gunungkidul dan Cara Membuatnya

Kemudian pelepah pisang ditenun menggunakan alat bukan mesin dengan cara menyilangkan benang pakan dan benang lungsin secara bergantian terus menerus sehingga menjadi helaian sebuah kain. Pelepah pisang siap digunakan.

Atiqotul Maula Al Farihah mengatakan, langkah pembuatan dompet diawali dengan pembuatan pola kemudian pemotongan bahan sesuai pola tersebut. Lalu diberi bordiran aksara Jawa atau simbol sains. Langkah selanjutnya pemasangan sensor dan penjahitan dompet Dompi. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *