Waspada Pencurian Ternak di Kulon Progo, Warga Kehilangan 3 Ekor Kambing

  • Whatsapp
pencurian kambing kulon progo
Polisi melakukan olah TKP pencurian kambing di Kulon Progo. (Foto: Dok. Polres Kulon Progo)

Kulon Progo – Warga diminta waspada pencurian ternak yang akhir-akhir ini marak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kali ini, Supranto, 58 tahu, warga Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, kehilangan tiga ekor kambing yang ada di dalam kandang pada Minggu, 13 Maret 2022 dini hari tadi.

Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu I Nengah Jeffry saat dikonfirmasi membenarkan adanya kasus pencurian ternak yang menggegerkan warga ini. Korban sudah melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib. “Benar ada pencurian kambing di Padukuhan Semawung, Banjaroyo, Kalibawang dini hari tadi,” katanya, Minggu, 13 Maret 2022.

Read More

Baca Juga: Geger, Maling di Kulon Progo Congkel Pintu Bawa Kabur 5 Ekor Burung Mahal

Berdasarkan keterangan pada laporan kepolisian, aksi pencurian diperkirakan dilakukan sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu korban terbangun dari tidurnya karena mendengar suara kambing miliknya mengembik tidak seperti biasanya. Korban yang penasaran kemudian ke luar rumah dan mendapati mobil yang awalnya berhenti lalu pergi meninggalkan lokasi.

Korban kemudian mengecek kandang kambing yang berada di dekat lokasi mobil parkir. Korban mendapati posisi pintu kandang dalam kondisi sudah terbuka. Saat dicek lebih seksama ternyata tiga ekor kambing sudah tidak ada di dalam kandang.

Baca Juga: Kawanan Pencuri Sikat Empat Ekor Kambing di Kulon Progo

Merasa menjadi korban pencurian, si pemilik berusaha mengejar mobil. Namun mobil yang sudah membawa hasil curian itu belok ke tikungan sehingga korban kehilangan jejak.

Akhirnya pada siang tadi, korban melaporkan kejadian yang dialaminya ke ke Polsek Kalibawang. Petugas langsung menindaklanjuti laporan dengan mendatangi lokasi kandang dan melakukan olah TKP. Petugas juga meminta keterangan korban dan sejumlah saksi.

Saat dicek di lokasi kejadian, posisi kandang kambing hanya ditutup dengan cara diikat menggunakan tali plastik. “Dugaannya pelaku memotong tali plastik dengan senjata tajam lalu membawa kabur tiga kambing. Di lokasi kejadian juga ditemukan potongan tali plastik,” kata Jeffry.

Baca Juga: Pencuri Uang Infak di Kulon Progo Ditangkap Saat Sedang Asyik Hitung Hasil Curian

Menurut dia, saat ini polisi masih melakukan penyelidikan di lapangan. Pihanya mengimbau warga selalu waspada dengan maraknya aksi pencurian ternak di Kulon Progo.

Sepanjang 2022 ini sudah ada tiga kali kejadian pencurian kambing yakni di wilayah Kapanewon Kokap, Girimulyo dan terakhir Kalibawang. “Pencuri mengincar ternak kambing yang kandangnya berada di tepi jalan. Jadi warga harus meningkatkan kewaspadaan,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *