Salah Kaprah, Penyembuhan dengan Liburan dan Hotel Mewah yang Lagi Tren Milenial

  • Whatsapp
sunset
Ilustrasi berwisata menikmati sunset. (Foto: PIxabay)

BacaJogja – Proses penyembuhan dengan cara berlibur sedang tren di kalangan milinial. Apa iya berwisata sambil menginap di hotel mewah bagian dari proses penyembuhan? Ternyata, itu merupakan konsep yang salah kaprah.

Psikolog UGM, Galang Lufityanto mengatakan, “Ada salah kaprah tentang konsep healing yang berkembang di masyarakat. Konsep penyembuhan saat ini dimaknai dengan liburan atau staycation. Padahal penyembuhan adalah proses penyembuhan diri secara psikologis,” jelasnya, Rabu, 13 April 2022.

Read More

Baca Juga: Mau Bermalam di Yogyakarta? Ini Dia Enam Homestay Terbaik 2022

Menurut dia, menyembuhkan merupakan proses membuat psikologis menjadi sehat lagi. Proses menyembuhkan itu mengobati diri secara psikologis.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UGM ini mengatakan, liburan bisa menjadi pilihan penyembuhan jika masalah yang dihadapi soal padatnya pekerjaan. Akibatnya tidak punya waktu beristirahat. “Healing dengan liburan atau staycation menjadi cara yang pas untuk mengatasi kelelahan kerja atau burn out,” jelasnya.

Baca Juga: Daftar Enam Desa Wisata Terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta 2022

Galang mengatakan, kegiatan menyegarkan bukan berarti identik dengan liburan. Kegiatan menyegarkan bisa dilakukan dengan membuat proyek-proyek kecil di rumah seperti mendesain, memasak, menjahit, dan lainnya. “Melakukan aktivitas ringan yang bisa menghasilkan sesuatu dengan cepat bisa membuat kita merasa lebih bahagia karena mampu mencapai tujuan,” jelansya.

Lebih lanjut Galang mengungkapkan, penyembuhan harus disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi. Sebaiknya mencari akar masalah yang dihadapi dan menyelesaikannya sebelum melakukan penyembuhan. “Mencari dulu problemnya apa, baru healing,” ucapnya.

Baca Juga: Viral Kuda Andong di Malioboro Yogyakarta Tertunduk Lesu Kehujanan

Menurut dia, ada berbagai cara penyembuhan. Tidak harus selalu berlibur atau staycation di hotel mahal. Sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan tanpa harus pergi jauh dan mengeluarkan banyak biaya, salah satunya dengan mindfulness. “Ini adalah salah satu teknik penyembuhan yang cukup efektif. Misalnya relaksasi seperti mengatur cara mengatur pernafasan,” jelasnya.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk healing adalah dengan journaling. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara konvensional seperti menulis jurnal harian. Bisa juga dilakukan dengan journal estetik seperti mencoret-coret, melukis, dan mengungkapkan.

Terakhir, Galang penyembuhan sebaiknya dilakukan dengan sumber daya yang kita punya. “Pilih penyembuhan yang tidak memberatkan baik dari sisi keuangan maupun waktu,” pesannya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *