Mau Bermalam di Yogyakarta? Ini Dia Enam Homestay Terbaik 2022

  • Whatsapp
homestay jogja
Ilustrasi salah ssatu homestay di Mergangsan, Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Bukan rahasia umum, Yogyakarta sudah menjadi jujugan wisata. Destinasi wisata pun beragam, dari wisata alam, edukasi, sejarah, religi, budaya, kuliner, minat dan bakat serta yang lainnya.

Sektor pendukung wisata pun lengkap. Tidak hanya perhotelan dari hotel kelas melati hingga bintang lima pun tersedia di Yogyakarta. Pilihan untuk bermalam di homestay juga semakin lengkap dengan wahana yang dimiliki. Mau bernuansa pedesaan, tradisional, budaya dan lainnya tinggal memilih mana yang disukai.

Read More

Baca Juga: Asyiknya Berwisata di Agrowisata Pabrik Gula Madukismo Bantul Yogyakarta

Nah, perihal homestay ini, Pemda DIY melalui Dinas Pariwisata sudah menjaring daftar homestay terbaik yang merupakan seleksi dari hasil lomba yang digelar pada 2022 ini. Penilaian lomba melalui seleksi administrasi, verifikasi dan kunjungan lapangan oleh Tim Juri dilaksanakan pada Februari – Maret 2022.

Baca Juga: Cocok Budjet Minim, Satu TPR Bisa Menikmati 8 Pantai Keren di Gunungkidul Yogyakarta

Tim Juri terdiri dari Dinas Pariwisata DIY, Akademisi, Badan Promosi Pariwisata DIY, DPD GIPI DIY, DPD IHGMA DIY, Media, Penggiat Pariwisata, Forkom Desa Wisata DIY, dan Forkom Pokdarwis DIY. Berikut enam homestay terbaik di DIY 2022:

1. Homestay Joglo Mbah Nilik di Kabupaten Kulon Progo
2. Homestay Bapak Pomo di Kabupaten Bantul
3. Arumdalu Homestay di Kabupaten Kulon Progo
4. Sutrisno Homestay di Kabupaten Kulon Progo
5. Omah Glagahsari Homestay di Kota Yogyakarta
6. Dewi 01 Griya Sadiyo Homestay di Kabupaten Gunungkidul

Baca Juga: Rekomendasi Tujuh Wisata Malam Keren di Bantul dan Gunungkidul

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, enam homestay tersebut merupakan hasil lomba dari tiga kategori Pokdarwis, Desa atau Kampung Wisata, dan Homestay Tingkat DIY Tahun 2022. Lomba digelar berkolaborasi secara pentahelix antar stakeholder pariwisata, yaitu, pemerintah, akademisi, praktisi atau asosiasi, komunitas, dan media.

Dia mengatakan, lomba digelar sebagai respons dan tindaklanjut terhadap Peraturan Gubernur DIY Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pokdarwis dan Desa atau Kampung Wisata. “Tujuannya dalam rangka mewujudkan desa wisata dan destinasi wisata DIY yang terkemuka di Asia Tenggara,” katanya dalam siaran pers, Senin, 28 Maret 2022.

Baca Juga: Mbulak Wilkel Bantul, Destinasi Wisata Asyik di Kaki Perbukitan Seribu

Dia menjelaskan, Pemda DIY melalui Dinas Pariwisata terus mendorong Desa wisata untuk bisa menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan. Selain itu, Desa Wisata, Pokdarwis dan Homestay ini diharapkan dapat menjadi sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional yang menjadi tren baru pariwisata pascapandemi berbasis nature and culture. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *