Viral Kuda Andong di Malioboro Yogyakarta Tertunduk Lesu Kehujanan

  • Whatsapp
viral kuda malioboro
Kuda andong di Malioboro Yogyakarta kehujanan. (Foto: Screenshot video/Facebook)

Yogyakarta – Sebuah video pendek yang memperlihatkan seekor kuda penarik andong di Malioboro tertunduk letih dan kehujanan menjadi sorota warganet. Belum diketahui siapa pemilik kuda putih yang viral ini.

Video berdurasi 0.11 detik bertebaran di media sosial, salah satunya di grup Facebook Pecinta Objek Wisata Yogyakarta yang diunggah oleh akun @MasArya RizqiSyafii Mubarokh:

Read More

Baca Juga: Sangkan Paraning Dumadi, Sejarah dan Asal Usul Malioboro Yogyakarta

Dia menuliskan narasi pada video sebagai berikut:
“Lagi2 Kawasan Malioboro dibuat geger dengan adanya video yang menunjukkan kuda andong kedinginan ??‍♀️??‍♀️. Dikutip dari akun @memomedsos, terlihat sebuah video singkat yang memperlihatkan seekor kuda delman berwarna putih meringkuk di bawah guyuran hujan deras.

Tampak kuda tersebut berdiri sendirian di tepian jalan, sementara kereta delman terlihat kosong tak ada kusir di dalamnya. Pak Kusir kadang lupa kata kasarnya malah hewan yang memberi kita nafkah melalui jasa yang dia berikan setiap hari tapi kita seharusnya sadar bahwa kita harusnya juga mampu memberikan hak yang seharusnya mereka dapatkan”.

Baca Juga: Viral Tarif Parkir Rp350.000 di Angkringan Jaman Edan Jalan Margo Utomo Yogyakarta

Postingan ini viral. Setidaknya dalam 9 jam sejak diunggah mendapat 1,9 ribu tanggapan dari warganet, 972 komentar dan 150 kali dibagikan seperti dilihat BacaJogja pada Jumat, 25 Maret 2022 malam.

Banyak warganet mengaku kasihan dengan keberadaan si kuda putih itu. Padahal hewan ini merupakan pengais rezeki bagi empunya.
“Ya Allah jatuh airmataku melihatmu kuda…. Tega benar pemilikmu…” komentar akun @Tina Xinger Sakerukaipa.
“Jujur aku bkn ga suka Andong. Tp kasian sering lihat andong dimalioboro msh kecil2. Kasian jg klo keujanan gni ?? tlong dong pak kusir dbawain matol khusus kudanya kek kasian bngt keujanan,” ujar akun @Zahra Alfia. “Pengen nanges ga tego bngt kelingan kucengku. Jhal nak iku menungso yak wes kon panasan diudan2ke pisan ?,” tulisnya lagi.
Senada dengan komentar akun @Nanang Proboningrat, “Kasihan om.gk tegel ndelokke ??”.

Baca Juga: 10 Spot Foto Instagramable Gratis di Sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta

Namun ada juga yang menyayangkan narasi pada postingan tersebut. Seperti yang komentar akun @Sunu Pamungkas.
“Jan narasine niku lho mas’e ( lagi² kawasan malioboro dibuat geger ), kesane koyo malioboro kerep geger, njur menggiring opini bahwa kusir kejem ra nduwe mesake, lan ora menghargai jarane sing wis ngewangi nggoleke duit. Padal dibalik itu kusir² itu le memperlakukan jarane yo layak bahkan istimewa, yo di jamoni, di nei pakan enak, bahkan di pijeti barang lho. Misale pas momen jaran kudanan kui, umpomo arep di eyupke di eyupke nendi, arep di mantroli ora kabeh jaran dimantroli, umpomo wedi di mantroli nek jarane malah iso negar².☺️”. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *