Petasan 4 Kg Rencana Diledakkan Saat Malam Lebaran di Bulog Pajangan Bantul

  • Whatsapp
mercon bantul
Kapolres Bantul AKBP Ihsan (tengha) saat jumpa pers penggerebekan rumah produksi petasan. (Foto: Dok, Polres Bantul)

BacaJogja – Polisi dan relawan yang menggelar patroli Sahur On The Road pada Minggu, 24 April 2022 dini hari berhasil menggerebek rumah di Palbapang, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang digunakan untuk memproduksi petasan. Sebanyak tujuh bocah diamankan termasuk barang bukti lebih dari 4 kilogram (Kg) bahan petasan.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengatakan, dalam penggrebekan polisi mengamankan tujuh remaja yang sedang membuat selongsong ratusan mercon dengan berbagai ukuran. “Rencananya mercon-mercon tersebut akan diledakkan di Bulog Pajangan Bantul pada malam Lebaran,” katanya dalam konferensi pers di Mapolsek Bantul, Minggu, 24 April 2022.

Read More

Baca Juga: Dugaan Penyebab Ledakan Dahsyat Mercon Hancurkan Rumah di Sleman

Tujuh remaja dalam mendapatkan bahan bubuk petasan dengan cara membeli secara online. Mereka semunya berstatus pelajar. Adapun inisialnya yakni:
1. NH, 13 tahun, warga Pajangan Bantul, pelajar SMP
2. DKP, 12 tahun, warga Ringinharjo, Bantul, pelajar SD
3. HD, 14 tahun, warga Palbapang Bantul, pelajar SMP
4. ON, 12 tahun, warga Ringinharjo Bantul, pelajar SD
5. ELS, 16 tahun, warga Pandak Bantul, pelajar SMP
6. RM, 15 tahun, warga Trirenggo Bantul, pelajar SMP
7. RAD, 14 tahun, warga Palbapang Bantul, pelajar SMP.

Baca Juga: Polres Kulon Progo Tangkap Penjual Petasan di Galur

Kapolres mengatakan, petasan merupakan bahan peldak, sehingga ketujuh bocah tersebut berpotensi menjadi tersangka. Mereka akan dikenai Undang-Undang Darurat RI dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

“Senjata tajam dan bahan peledak ini tidak ada diversi. Kasus tetap dilanjutkan. Saat ini masih berproses dan mereka kami tahan tetapi kami titipkan ke Bapas dan bukan di Polres atau Polsek,” jelas Kapolres.

Baca Juga: Mercon dan Knalpot Blombongan Prioritas Razia Ramadan di Bantul

Dalam penggerebekan ini, selain mengamnakan tujuh bocah juga menyita barang bukti. Adapun barang bukti yang diamankan yakni tiga bungkus racikan mercon yang sudah jadi seberat 4 ons, dua bungkus belerang seberat 2 Kg, dua bungkus potasium seberat 1,8 kg, satu bungkus bubuk aluminium seberat 1.5 ons serta 473 buah selongsong mercon yang belum jadi berbagai ukuran dan 17 buah mercon yang sudah jadi.

Selain itu, polisi juga mengamankan tiga unit motor yang digunakan para pelaku. Ketiga motor tersebut yakni Honda Supra nopol AB 4308 GT, Honda Scoopy nopol AB 4097 JW dan Honda Vario nopol AB 6110 PJ. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *