Puan Maharani Temui Kader PDIP Jateng, Tegaskan Tak Ada Penundaan Pemilu 2024

  • Whatsapp
puan temui kader
Puan Maharani saat menemui kader di Karanganyar dan Sragen, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Ketua DPR Puan Maharani dalam kunjungannya di Jawa Tengah, menyempatkan mampir di dua kantor DPC PDI Perjuangan yakni Karanganyar dan Sargen. Puan menemui kader partai berlambang bateng moncong putih di Karanganyar menyinggung soal isu penundaan Pemilu yang belakangan ramai dibicarakan.

Puan meminta untuk menyudahi gosip yang menjadi perbincangan publik itu. “Saya tegaskan Pemilu tetap akan dilaksanakan pada tahun 2024. Tidak ada penundaan, tidak ada perpanjangan. Saya minta disudahi gosip-gosip tentang penundaan Pemilu,” kata Puan di Karanganyar, Rabu, 27 April 2022.

Read More

Baca Juga: Puan Maharani Tegaskan KIP Bukti Kehadiran Negara Ciptakan SDM Unggul

Dalam kunjungan ini, Puan didampingi sejumlah tokoh partai seperti Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto yang juga Ketua Komisi III DPR RI. Selain itu hadir perlu sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR RI, yaitu Ketua Komisi IV Sudin, Wakil Ketua Komisi IX Charles Honoris, Wakil Ketua Komisi X Agustina Wilujeng Pramestuti, dan Wakil Ketua Komisi XI Dolfie.

Dia menegaskan, DPR RI, Pemerintah dan KPU sudah sepakat bahwa hari pencoblosan untuk Pileg dan Pilpres 2024 akan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024. “Berarti di awal tahun 2024,” kata Puan.

Baca Juga: Warga Doakan Puan Maharani Jadi Presiden Saat Resmikan Sambungan Air Bersih di Wonogiri

Puan mengingatkan agar seluruh kader PDIP untuk fokus menghadapi Pemilu 2024 mengingat tahapan Pemilu sudah akan dimulai sebentar lagi. “Jadi saya minta segenap kader PDI Perjuangan di Karanganyar mengingat bahwa Pemilu 2024 itu tinggal hitungan hari,” ucap Puan.

Menurut dia, banyak hal yang harus dipersiapkan seluruh jajaran PDIP untuk menghadapi Pemilu 2024. Salah satu yang penting adalah proses konsolidasi internal partai. “Rakyat menanti komitmen PDI Perjuangan diwujudkan secara nyata dan dirasakan oleh rakyat,” katanya.

Baca Juga: Indonesia Menuju Superpower Dunia, Puan Maharani: Perlu Dukungan Modernisasi Industri

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini meminta semua kader PDIP yang bertugas di eksekutif dan legislatif dapat mewujudkan tugas ideologis partai melalui APBN, APBD, dan program-program Pemerintah. “Petugas partai di Eksekutif dan Legislatif, melalui program-program pemerintah pusat maupun daerah, agar memastikan alokasi anggaran dan program untuk dapat menyanggah kehidupan rakyat dan ekonomi kerakyatan,” tegasnya.

puan maharani di jateng
Puan Maharani saat menyemangati kader PDIP di Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

Cucu Proklamator RI Bung Karno ini mengatakan, dinamika politik ke depan menuntut seluruh kader dan tiga pilar partai tetap dalam satu barisan partai yang terpimpin. Puan juga mengingatkan agar kader dan tiga pilar taat asas dan disiplin dalam menjalankan instruksi partai.

Baca Juga: Gerakan Ekonomi Hari Raya, Puan Maharani Minta THR dan Gaji ke-13 Dibelanjakan Produk Dalam Negeri

“Tidak dibenarkan ada kader yang di luar barisan. Pimpinan Partai di setiap tingkatan agar memastikan seluruh kader dan tiga Pilar Partai berada dalam barisan yang solid dan kompak,” ungkap Ketua DPP PDIP ini.

Lebih lanjut, Puan menyebut tujuan perjuangan partai tak hanya merebut kekuasaan secara demokratis. Tapi juga bagaimana kekuasaan tersebut dapat mewujudkan kesejahteraan rakyat di jalan ideologi pembangunan Trisakti. “Sejarah telah memberikan kesempatan kepada kita semua sebagai alat perjuangan partai dalam mewujudkan tujuan ideologisnya,” urai Puan.

Kantor DPC PDIP Sragen Kelihatan Berwibawa

Putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri ini menyoroti kondisi kantor DPC PDIP Sragen yang dinilainya masih kurang representatif. Pimpinan partai di daerah untuk lebih memperhatikan kebutuhan dan fasilitas partai di wilayahnya masing-masing.

Puan bersyukur, hari ini telah dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan kantor baru DPC PDIP Sragen. “Ini kantor DPC-nya? Bukannya mau ngenyek, tapi saya pikir kayak yang tadi-tadi (Wonogiri, Karanganyar). Tapi Alhamdulillah setelah Lebaran katanya akan lebih baik. Bukannya mewah tapi harus representatif. Supaya kelihatannya berwibawa!” tukas Puan.

Baca Juga: Imbauan Puan Maharani kepada Pemerintah dan Warga Saat Arus Mudik

“Katanya partai pemenang, tapi kok kayak nggak diurusin pemimpinnya. Ini mungkin pertama kali ke sini ya. Nanti saya mau kembali mampir Sragen, mau lihat lagi,” lanjut dia.

Dalam acara ini, Puan juga turut membagikan bantuan dalam acara ‘Ramadan Berbagi’ untuk pengurus ranting dan warga. DPC PDIP Sragen sendiri sudah mendistribusikan bantuan beras ke total 20 kecamatan.

“Sambil menyelam minum air, saya berikan kontribusi saya, yaitu beras, yang jadi kebutuhan jelang hari raya. Bapak Ibu bantu bagikan, saya yang sediakan. Ini implementasi konkret gotong royong sebagai keluarga besar PDI Perjuangan. Harus terus kita lakukan untuk kemenangan 2024, siap atau enggak?” tanya Puan ke pengurus DPC PDIP Sragen.

Baca Juga: Elektabilitas Puan Maharani Naik, Berkat Kerja Tulus dan Produktif Dirasakan Rakyat

Pertanyaan tersebut dijawab kompak para kader. “Siap!!” jawab kader PDIP.

Puan kembali mengingatkan agar PDIP terus waspada untuk mempertahankan kemenangan di Pemilu. Puan menyemangati para kader agar terus bekerja keras sehingga partai berlambang banteng moncong putih itu bisa mendapat hattrick kemenangan Pemilu.

“Kemenangan kita menuju 2024, inget Pemilu 14 Feb 2024. Tahunnya 2024 bener, tapi sisa bulannya hanya 1 bulan 14 hari saat memasuki tahun 2024,” terang Puan.

Baca Juga: Survei SMRC, Duet Prabowo dan Puan Berpotensi Paling Kuat Siapa pun Lawannya

Selain itu, Pilkada serentak yang juga akan digelar pada tahun 2024 dinilai harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Puan mengatakan, PDIP harus dapat menang besar lagi di perhelatan Pilkada, dengan terlebih dahulu sukses di Pileg dan Pilpres. “PDI Perjuangan punya kepala daerah total 251, bagaimana menuju ke sana yang paling penting memenangkan Pileg dan Pilpres! Insya Allah Pilkada nggak akan berat,” ujarnya.

Puan menilai kekuatan PDIP di Sragen sudah cukup baik karena kekompakannya. Ia meyakini suara PDIP di Sragen pada Pemilu 2024 akan naik. “Solo Raya harus jadi kantong kemenangan nasional! Kerja turun lapangan! Jangan terpengaruh survei, itu hanya jadi pegangan,” ucapnya.

“Jangan terganggu ada calon ini itu, yang penting kerja kerja dan tunggu instruksi Ketum. Nanti saya pastikan kita punya Capres dari PDI Perjuangan,” tegas Puan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *